Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ilmuwan Jerman Berhasil Ciptakan Teleskop Untuk Melihat Tampilan Matahari Secara Detail

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 09 September 2020, 07:34 WIB
Ilmuwan Jerman Berhasil Ciptakan Teleskop Untuk Melihat Tampilan Matahari Secara Detail
Bintik matahari terlihat dalam resolusi tinggi/Net
rmol news logo Para ilmuwan Jerman kini bisa mengamati matahari secara lebih detail berkat keberhasilan mereka melakukan desain ulang optik Gregor, sebuah teleskop surya terbesar di benua itu.

Teleskop itu telah menangkap gambar-gambar baru matahari dari dekat, termasuk badai magnet di permukaannya. Bintang terdekat dari bumi tersebut sekarang dapat diamati dari jarak yang lebih dekat.

"Teleskop Gregor memungkinkan para peneliti menangkap fitur-fitur matahari yang berjarak 30 mil (50 kilometer). Terlebih, karena aktivitas matahari juga sedang meningkat sebagai titik minimum,” kata Institut Fisika Surya (KIS) Leibniz yang berbasis di Jerman dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari 9News, Selasa (8/9).

“Ini seperti seseorang melihat jarum di lapangan sepak bola yang sangat tajam dari jarak satu kilometer,” tambahnya.

Optik baru teleskop tersebut akan memungkinkan para ilmuwan mempelajari medan magnet, konveksi (pergerakan molekul-molekul pada fluida dan rheid), turbulensi, letusan matahari, dan bintik matahari dengan sangat rinci.

Gambar cahaya pertama yang diperoleh pada Juli 2020 mengungkapkan detail menakjubkan dari evolusi bintik matahari dan struktur rumit dalam plasma matahari.

“Ini adalah proyek yang sangat menarik, tetapi juga sangat menantang,” kata pemimpin tim Dr Lucia Kleint.

“Hanya dalam satu tahun kami mendesain ulang sepenuhnya optik, mekanik, dan elektronik untuk mencapai kualitas gambar terbaik,” lanjutnya.

Direktur KIS Profesor Svetlana Berdyugina mengatakan teleskop telah menjadi instrumen baru yang ampuh untuk membantu memecahkan ‘teka-teki di Matahari’. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA