Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbang Ke Moskow, Menlu China Wang Yi Akan Makan Siang Bersama Diplomat India Dan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 10 September 2020, 07:21 WIB
Terbang Ke Moskow, Menlu China Wang Yi Akan Makan Siang Bersama Diplomat India Dan Rusia
Menteri Luar Negeri Wang Yi /Net
rmol news logo Kementerian Luar Negeri China mengumumkan bahwa anggota Dewan Negara China sekaligus Menteri Luar Negeri Wang Yi akan menghadiri acara bertajuk Pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri Negara Anggota Shanghai Cooperation Organization (SCO) di Rusia.

Dalam keterangannya pihak kementerian juga mengatakan Wang Yi juga akan mengunjungi Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Mongolia mulai Kamis (10/9) hingga 16 September mendatang.

"Selama kunjungan tersebut, Wang dijadwalkan menghadiri pertemuan makan siang dengan menteri luar negeri India dan Rusia," kata Zhao Lijian, juru bicara Kemenlu China, seperti dikutip dari GT, Rabu (9/9).

Mengenai apakah Wang akan bertemu Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar secara bilateral di Moskow, Zhao mengatakan mereka akan merilis keterangan jika ada informasi terkait hal tersebut.

"Kami akan merilisnya tepat waktu jika ada informasi tentang itu," katanya.

"Wang akan mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, dan bertemu dengan para pemimpin Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Mongolia selama kunjungan tersebut," kata Zhao.

Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organisation; SCO) merupakan sebuah organisasi antarabangsa di kawasan Asia yang beranggotakan Tiongkok, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan. SCO dideklarasikan pada tanggal 15 Juni 2001 setelah Uzbekistan bergabung.

Organisasi ini memupuk kerja sama antarnegara dalam bidang perbatasan, ekonomi, energi dan kebudayaan. Banyak yang berpendapat bahwa organisasi ini merupakan penyeimbang kekuatan dari organisasi NATO dan Amerika Serikat.

India, Iran, Mongolia, dan Pakistan telah diterima sebagai negara pengamat dalam SCO pada 2005. Pemohonan Amerika Serikat sebagai negara pengamat di SCO ditolak dengan alasan Amerika berada di wilayah yang jauh, sedangkan SCO lebih mementingkan kerja sama perbatasan seperti tidak menempati pasukan di daerah perbatasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA