Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ahli: Lebih Dari Dua Pertiga Populasi Hewan Dunia Anjlok Akibat Konsumsi Berlebih Manusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 10 September 2020, 11:49 WIB
Ahli: Lebih Dari Dua Pertiga Populasi Hewan Dunia Anjlok Akibat Konsumsi Berlebih Manusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Para ahli memperingatkan dengan keras bahwa populasi hewan, burung, dan ikan, di dunia telah anjlok lebih dari dua pertiga dalam waktu kurang dari 50 tahun.

Mereka mengatakan hal itu terjadi akibat konsumsi berlebihan yang merajalela yang dilakukan oleh manusia. Para ahli juga mengingatkan hal itu menjadi pengingat bahwa manusia harus segera menyelamatkan alam demi kelangsungan hidup si manusia itu sendiri.

Aktivitas manusia telah sangat merusak tiga perempat dari seluruh daratan dan 40 persen lautan di bumi. Kehancuran alam yang semakin cepat kemungkinan besar akan menimbulkan konsekuensi yang tak terhitung pada kesehatan dan mata pencaharian.

The Living Planet Index, yang melacak lebih dari empat ribu spesies vertebrata, memperingatkan bahwa peningkatan penggundulan hutan dan ekspansi pertanian adalah pendorong utama di balik penurunan rata-rata 68 persen populasi antara tahun 1970 dan 2016.

Ia memperingatkan bahwa hilangnya habitat alami yang berkelanjutan meningkatkan risiko pandemik di masa depan karena manusia memperluas keberadaan mereka untuk kontak yang lebih dekat dengan hewan liar.

Living Planet Report 2020, sebuah kolaborasi antara WWF International dan Zoological Society of London, adalah edisi ke-13 dari publikasi dua tahunan yang melacak populasi satwa liar di seluruh dunia.

Direktur Jenderal WWF Internasional Marco Lambertini mengatakan kepada AFP tentang hilangnya keanekaragaman hayati di bumi secara mengejutkan sejak tahun 1970.

"Ini adalah penurunan akselerasi yang kami pantau selama 30 tahun dan terus mengarah ke arah yang salah," katanya, seperti dikutip dari AFP, Kamis (10/9).

“Tahun 2016 kita mencatat penurunan 60 persen, sekarang turun 70 persen. Semua ini dalam sekejap mata dibandingkan dengan jutaan tahun yang telah dihuni banyak spesies di planet ini," tambah Lambertini.

Setengah dekade terakhir telah menyaksikan pertumbuhan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang didukung oleh ledakan konsumsi sumber daya alam global.

Jika hingga tahun 1970, jejak ekologi manusia lebih kecil dari kapasitas Bumi untuk meregenerasi sumber daya, WWF sekarang menghitung kita telah melebihi penggunaan kapasitas planet lebih dari setengahnya.

Sementara dibantu oleh faktor-faktor seperti spesies invasif dan polusi, pendorong tunggal terbesar spesies yang hilang adalah perubahan penggunaan lahan: biasanya, industri mengubah hutan atau padang rumput menjadi pertanian. Hal ini dinilai sangat merugikan spesies liar, yang kehilangan rumahnya.

Tapi itu juga membutuhkan tingkat sumber daya yang tidak berkelanjutan untuk ditegakkan: sepertiga dari semua daratan dan tiga perempat dari semua air tawar sekarang didedikasikan untuk memproduksi makanan.

Gambaran yang sama mengerikannya terjadi di lautan, di mana 75 persen stok ikan dieksploitasi secara berlebihan.

Dan sementara satwa liar menurun dengan cepat, spesies menghilang lebih cepat di beberapa tempat daripada di tempat lain.

Indeks tersebut menunjukkan bahwa kawasan tropis di Amerika Tengah dan Selatan telah mengalami penurunan spesies 94 persen sejak tahun 1970.

"Ini mengejutkan. Ini pada akhirnya merupakan indikator dampak kita pada alam," kata Lambertini.

Pembaruan Living Planet hadir bersamaan dengan studi yang ditulis bersama oleh lebih dari 40 LSM dan lembaga akademis, yang menjabarkan cara-cara untuk menahan dan membalikkan kerugian yang ditimbulkan oleh konsumsi manusia.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature, menunjukkan bahwa mengurangi limbah makanan dan mendukung pola makan yang lebih sehat dan lebih ramah lingkungan dapat membantu 'membengkokkan' degradasi.

Ditambah dengan upaya konservasi radikal, langkah-langkah ini dapat mencegah lebih dari dua pertiga hilangnya keanekaragaman hayati di masa depan, saran penulis.

"Kita perlu bertindak sekarang. Tingkat pemulihan keanekaragaman hayati biasanya jauh lebih lambat dibandingkan dengan hilangnya keanekaragaman hayati baru-baru ini," kata penulis utama studi David Leclere, peneliti di Institut Internasional Analisis Sistem Terapan.

"Ini menyiratkan bahwa setiap penundaan tindakan akan memungkinkan hilangnya keanekaragaman hayati lebih lanjut yang mungkin membutuhkan waktu puluhan tahun untuk pulih," katanya.

Leclere juga memperingatkan tentang hilangnya keanekaragaman hayati yang 'tidak dapat diubah', seperti ketika suatu spesies punah.

Sementara Lambertini mengatakan, seperti wacana publik tentang perubahan iklim, masyarakat semakin peduli tentang hubungan antara kesehatan planet ini dan kesejahteraan manusia.

“Dari sedih kehilangan alam, orang-orang mulai khawatir,” katanya.

"Kami masih memiliki kewajiban moral untuk hidup berdampingan dengan kehidupan di planet ini, tetapi sekarang ada elemen baru yang berdampak pada masyarakat kita, ekonomi kita dan, tentu saja, kesehatan kita," ungkapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA