Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Organisasi Internasional Akui Upaya Efektif Kuba Lawan Covid-19 Dengan Jaringan Kesehatan Nasionalnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 10 September 2020, 12:38 WIB
Organisasi Internasional Akui Upaya Efektif Kuba Lawan Covid-19 Dengan Jaringan Kesehatan Nasionalnya
Tim Medis Darurat menyiapkan instalasi untuk melayani pasien/Net
rmol news logo Organisasi Kesehatan Pan Amerika dibawah naungan Organisasi Kesehatan Dunia (PAHO/WHO), mengapresiasi cara Kuba dalam menangani wabah virus corona.

Dr. José Moya, yang mewakili kedua organisasi internasional di Havana, menggambarkan apa yang dilakukan otoritas kesehatan di Kuba untuk menahan dan mencegah penyebaran virus corona SARS-CoV-2 sangat 'efektif', meskipun kasus baru Covid-19 masih ditemui di negara itu dalam beberapa hari terakhir.

Kantor berita lokal menyoroti keberhasilan Kuba adalah karena beberapa strategi yang dimiliki negara itu dalam bidang kesehatan.

Pakar medis itu mengatakan bahwa keberhasilan strategi Kuba melawan Covid-19 terletak pada fakta bahwa Kuba memiliki kekuatan sistem kesehatan nasional dengan jaringan perawatan kesehatan yang menjadi perhatian utama secara nasional.

“Jaringan kesehatan secara nasional itu dibuat untuk mendeteksi dengan cepat kasus-kasus virus corona di setiap titik, kemudian dilakukan tindak lanjut, kemudian segera dilakukan isolasi langsung oleh tim epidemiologi," ujar Moya, seperti dikutip dari Cuba News, Kamis (10/9).

Dalam pernyataan kepada surat kabar resmi Granma, Moya menyoroti langkah-langkah yang diambil di negara itu untuk mencapai 'jarak sosial terbesar'.

"Termasuk penangguhan tahun ajaran dengan tepat, yang saat ini dilakukan di seluruh provinsi di Kuba, menghentikan aktivitas yang berdampak pada penyebaran penularan, dan menutup jalur taransportasi antarprovinsi serta  penutupan sementara penerbangan komersial," kata Moya, yang menambahkan bahwa langkah-langkah itu sangat mengurangi mobilitas penduduk, sehingga resiko penyebaran penularan sangat rendah.

Jajaran tim kesehatan di Kuba juga memiliki strategi baru, menurut Moya. Tim epidemiologi dan laboratorium bekerja sama dalam menanggapi pandemi, dengan ilmu pengetahuan yang mereka miliki, teknologi dan inovasi, serta kontribusi mereka.

Moya juga mengingatkan pentingnya bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang suatu penyakit.

"Segala sesuatu harus diselidiki, hal-hal baru yang muncul dari dampak virus itu segera dipelajari, sehingga semua tim kesehatan tahu tentang respon dan perawatan pasien yang perlu ditingkatkan."

"Baik WHO maupun PAHO telah melakukan pertukaran pengalaman untuk mencari solusi," ujar Mayo. Saat ini kedua organisasi berkontribusi pada obat-obatan yang dibutuhkan pasien. Vaksin pun kini sedang dalam tahap uji lanjutan.

Ia menyoroti hasil kerja Kuba dengan kandidat vaksin Soberana 01, yang saat ini dalam fase uji klinis.

“Kami sangat berharap ia lolos dari semua kontrol dan ujian, sehingga menjadi instrumen kehidupan yang mengabdi pada kemanusiaan,” ujar Mayo.

Mayo juga memuji bantuan medis yang diberikan Kuba kepada negara lain untuk melawan Covid-19. Hal ini menjadi bentuk pengakuan atas kapasitas tenaga kesehatan Kuba dan kesediaan mereka untuk memobilisasi dan berkontribusi dalam solidaritas krisis kesehatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA