Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Gelar Latihan Militer Zolfaghar-99 Di Dekat Selat Hormuz

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 September 2020, 16:48 WIB
Iran Gelar Latihan Militer Zolfaghar-99 Di Dekat Selat Hormuz
Iran gelar latihan militer gabungan di dekat Selat Hormuz/Net
rmol news logo Iran menggelar latihan militer gabungan tahunan di dekat perairan strategis, Selat Hormuz atau tepatnya di sisi timur selat di Teluk Oman.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Latihan yang disebut dengan Zolfaghar-99 tersebut dilakukan oleh angkatan laut, udara, dan darat selama tiga hari. Di mana Teheran mengerahkan kapal selam hingga drone.

"Latihan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan militer Teheran untuk menghadapi ancaman asing dan kemungkinan invasi," ujar komandan militer Iran, Laksamana Habibollah Sardari dalam siaran televisi pada Kamis (10/9).

Melansir Reuters, latihan militer tersebut dilakukan di tengah ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat (AS). Di mana Pengawal Revolusi elit Iran (IRGC) dan militer AS melakukan konfrontasi secara berkala di kawasan teluk dalam beberapa thaun terakhir.

AS menuding IRGC mengirim kapal serang cepat untuk menganggu kapal perang Washington di perairan tersebut. Sementara Teheran menentang kehadiran AS di selat yang menjadi jalur perdagangan 30 persen minyak dunia itu.

Juru bicara latihan, Laksamana Shahram Irani, mengatakan AS telah menarik drone dari area latihan setelah mendapat peringatan dari Iran.

Ketegangan antara Teheran dan Washington meningkat sejak 2018, ketika AS menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan enam negara besar.

Setelah keluar, pemerintahan Presiden Donald Trump menerapkan kebijakan tekanan maksimum pada Iran dengan memberlakukan sejumlah sanksi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA