Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peneliti AS: Kemungkinan Wabah Covid-19 Pertama Kali Terjadi Di Los Angeles Sejak Natal 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 11 September 2020, 11:48 WIB
Peneliti AS: Kemungkinan Wabah Covid-19 Pertama Kali Terjadi Di Los Angeles Sejak Natal 2019
David Geffen School of Medicine di UCLA/Net
rmol news logo Para peneliti Amerika mengungkapkan sebuah fakta baru yang cukup mencengangkan, bahwa kemungkinan besar wabah virus corona telah ada di Los Angeles jauh sebelum AS mengumumkannya secara resmi pertama kali.

Sebuah studi baru oleh para peneliti Amerika yang dirilis pada hari Kamis (10/9) menunjukkan bahwa virus corona yang mematikan mungkin telah mencapai Los Angeles pada akhir Desember. Virus itu secara aktif beredar di daerah itu beberapa bulan sebelum kasus definitif pertama di Amerika Serikat diidentifikasi.

Para peneliti di University of California, Los Angeles (UCLA), mengevaluasi lebih dari 10 juta pasien. Catatan kesehatan itu tebagi; untuk pasien rawat jalan UCLA Health, unit gawat darurat, dan fasilitas rumah sakit, yang dilihat sejak  1 Desember 2019 hingga 29 Februari 2020, lalu membandingkan catatan tersebut dengan data dari periode yang sama selama lima tahun sebelumnya.

Mereka menemukan tren yang meresahkan. Kunjungan klinik rawat jalan oleh pasien UCLA yang mencari perawatan batuk meningkat lebih dari 50 persen dan melebihi jumlah rata-rata kunjungan untuk keluhan yang sama selama lima tahun sebelumnya sebanyak lebih dari 1.000 pasien.

Mereka juga menemukan kelebihan ‘signifikan’ dalam jumlah pasien yang terlihat di unit gawat darurat untuk laporan batuk dan pasien yang dirawat di rumah sakit dengan gagal napas akut selama periode waktu ini.

Kelebihan ini tetap ada bahkan setelah memperhitungkan perubahan populasi pasien dan variasi musiman, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Internet Research.

“Untuk banyak penyakit, data dari pengaturan rawat jalan dapat memberikan peringatan dini kepada bagian gawat darurat dan unit perawatan intensif rumah sakit tentang apa yang akan datang," kata Joann Elmore, penulis utama studi dan profesor kedokteran di David Geffen School of Medicine di UCLA, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (11/9).

“Mayoritas studi Covid-19 mengevaluasi data rawat inap, tetapi kami juga melihat pengaturan klinik rawat jalan yang lebih besar, di mana sebagian besar pasien beralih pertama kali untuk perawatan medis saat penyakit dan gejala muncul,” kata Elmore.

Para peneliti mencatat tingginya jumlah pengunjung, pasien, dan rawat inap, yang menunjukkan penyebaran SARS-CoV-2 di komunitas sebelum adanya kesadaran klinis dan kemampuan pengujian yang mapan.

Ini mungkin menunjukkan bahwa virus corona telah tiba secara diam-diam dan mulai membangun pijakan tanpa terdeteksi di Pantai Barat sekitar Natal 2019. Jika benar, itu akan mengguncang narasi saat ini tentang asal-usul virus di negara tersebut.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS melaporkan kasus Covid-19 AS pertama pada 21 Januari, yakni pada seorang pria yang bepergian dari Wuhan, China ke negara bagian Washington. Dan baru pada 26 Februari CDC mengonfirmasi penyebaran komunitas virus corona di Amerika Serikat.

Peneliti UCLA tidak menyimpulkan dengan pasti bahwa virus corona berada di belakang tren yang ditetapkan dalam penelitian mereka, dengan mengatakan faktor lain dapat bertanggung jawab atas beberapa peningkatan yang tidak terduga ini, seperti penggunaan rokok elektrik, atau flu.

“Kami mungkin tidak pernah benar-benar tahu apakah kelebihan pasien ini mewakili kasus Covid-19 dini dan tidak terdeteksi di wilayah kami,” kata Elmore.

“Tapi pelajaran yang didapat dari pandemik ini, dipasangkan dengan analitik perawatan kesehatan yang memungkinkan pengawasan penyakit dan gejala secara real-time, berpotensi dapat membantu kami mengidentifikasi dan melacak wabah yang muncul dan epidemi di masa depan,” ungkapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA