Presiden Lopez Obrador Kritik Pedas Media Yang Beritakan Soal Korupsi Tabasco Tanpa Bukti

Presiden Lopez Obrador saat konferensi pers meluruskan berita tentang dugaan korupsi yang mencemarkan namanya/Net

Presiden Mexico, Andrés Manuel López Obrador (Amlo), menyampaikan teguran pedas kepada sebuah media pada Jumat karena menerbitkan berita di halaman depan tentang dugaan penggelapan 223 juta peso (10,5 juta dolar AS) oleh anggota pemerintah di kotamadya tempat ia dilahirkan.

Berita itu terbit dengan judul ‘223 Juta Peso Hilang Di Tanah Air AMLO’, yang menyebutkan bahwa Kongres negara bagian Tabasco menolak pemerintah Partai Morena di Macuspana setelah mendeteksi dana yang hilang dan menggantinya dengan dewan kota beranggotakan tiga orang.

Media itu, Reforma, melaporkan bahwa Walikota Macuspana dan lebih dari 20 anggota pemerintah kota, termasuk saudara ipar López Obrador, mengundurkan diri minggu lalu karena dugaan korupsi mereka terungkap. Macuspana terletak sekitar 50 kilometer di sebelah tenggara Tabasco.

Berbicara pada konferensi pers Jumat (11/9) pagi, Obrador mengkritik Reforma karena menerbitkan berita yang belum terbukti kebenarannya.

Mexico News Daily menulis pada Jumat (11/9) waktu setempat bahwa López Obrador mengatakan juru bicara telah melakukan konfirmasi dengan berbicara dengan Gubernur Tabasco Adán Augusto López, yang juga mewakili partai yang berkuasa di Morena. Diperoleh informasi bahwa pengunduran diri walikota Macuspana dan anggota dewan lainnya tidak terkait dengan dugaan korupsi.

“Belum ada penggelapan yang diumumkan oleh kantor auditor negara atau oleh Kongres [Tabasco],” kata López Obrador, dalam siaran persnya.

Obrador menyebut Reforma sebagai ‘publikasi sampah’ dan ‘buletin konservatisme’ dan menuduh bahwa surat kabar itu adalah pelindung dan sponsor Carlos Salinas de Gortari, yang secara luas dianggap sebagai salah satu presiden paling korup di Meksiko.

Namun begitu, López Obrador menekankan bahwa kritiknya itu ditujukan kepada eselon tertinggi Reforma, bukan pada reporter dan pekerja persnya.

Terlebih ketika ada selebaran yang menggunakan foto dirinya bersama adik iparnya, seolah dirinya terlibat dengan dugaan kesalahan saudara iparnya itu.

“Ini kasus klasik jurnalisme dunia bawah,” katanya. “Reforma adalah buletin konservatisme, tidak ada keraguan. Ini adalah publikasi sampah, tanpa etika, tanpa profesionalisme. Bayangkan, mendedikasikan delapan kolom untuk sesuatu yang tidak terbukti!”

Obrador terlihat gusar.

“Jangan-jangan, besok mereka juga memberitakan hal lain tentang saya, mengatakan bahwa saya membela saudara ipar perempuan saya atau bahwa… saya menyerang kebebasan berbicara. Tidak, saya telah mengatakan dengan sangat jelas [bahwa] jika ada anggota keluarga [saya] yang melakukan kejahatan, dia harus dituntut, siapa pun itu,” kata López Obrador.

Obrador mengklaim bahwa alasan sebenarnya mengapa Reforma mempublikasikan kisahnya tentang korupsi di tanah kelahirannya adalah untuk menodai namanya.

“Ini adalah jurnalisme yang keji, karena mereka konservatif dan sangat munafik. Mereka bertindak dengan cara yang tidak bermoral.”

López Obrador telah sering mengkritik surat kabar itu sejak dia menjabat pada akhir 2018, dengan menyatakan bahwa itu adalah bagian dari prensa fifi , atau pers elitis, dan pembawa neoliberalisme, yang dia anggap sebagai penyebab banyak masalah Meksiko.

Editor Reforma pernah menerima ancaman pembunuhan tak lama setelah  Obrador mengecam surat kabar tersebut karena menerbitkan alamat rumahnya.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021
Video

RMOL World View • Diplomasi Halal Saat Pandemi

Senin, 08 Maret 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan, bersama: Syahrial Nasution dan Abdul Hamid

Selasa, 09 Maret 2021

Artikel Lainnya

Enggan Mundur Usai Terjerat Kasus Pelecehan Seksual, Gubernur Andrew Cuomo Terancam Dimakzulkan
Dunia

Enggan Mundur Usai Terjerat ..

09 Maret 2021 11:48
AS Buka Lagi Pengajuan Aplikasi Visa Dari 13 Negara Muslim Dan Afrika
Dunia

AS Buka Lagi Pengajuan Aplik..

09 Maret 2021 10:52
Tolak Gagasan Paspor Vaksin, WHO: Akan Menimbulkan Ketidakadilan Dalam Sistem
Dunia

Tolak Gagasan Paspor Vaksin,..

09 Maret 2021 10:34
Wawancara Harry Dan Meghan Penuh Kontroversi, Istana Buckingham Diam Seribu Bahasa
Dunia

Wawancara Harry Dan Meghan P..

09 Maret 2021 10:21
Ledakan Di Jembatan Al Aimmah Irak, Seorang Perempuan Tewas
Dunia

Ledakan Di Jembatan Al Aimma..

09 Maret 2021 09:46
Buat Cuitan Misoginis Saat Hari Perempuan Internasional, Burger King Diserang Warga Net
Dunia

Buat Cuitan Misoginis Saat H..

09 Maret 2021 09:32
Belajar Dari RRD Korea, Kesehatan Masyarakat Yang Gratis Tanpa Diskriminasi
Dunia

Belajar Dari RRD Korea, Kese..

09 Maret 2021 08:56
Aparat Blokir Jalan, Ratusan Pengunjuk Rasa Myanmar Terperangkap
Dunia

Aparat Blokir Jalan, Ratusan..

09 Maret 2021 08:05