Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan PM John Fahey Meninggal Dunia, Dikenang Pernah Selamatkan Pangeran Charles Dari Serangan Penembak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 12 September 2020, 12:22 WIB
Mantan PM John Fahey Meninggal Dunia, Dikenang Pernah Selamatkan Pangeran Charles Dari Serangan Penembak
Perdana Menteri New South Wales John Fahey/Net
rmol news logo Kabar duka datang dari Australia, mantan Perdana Menteri New South Wales John Fahey dikabarkan telah meninggal dunia di usia 75 tahun pada Sabtu (12/9).

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (12/9) pagi waktu setempat, Perdana Menteri NSW, Gladys Berejiklian, memberi penghormatan kepada Fahey dan menawarkan pilihan kepada keluarganya untuk melakukan upacara pemakaman kenegaraan.

“Pikiran saya tertuju pada istri John, Colleen, anak-anak dan cucunya. Saya telah berbicara dengan Colleen untuk menyampaikan belasungkawa dan menawarkan upacara peringatan negara,” katanya, seperti dikutip dari 9News, Sabtu (12/9).

Berejiklian juga mengatakan bahwa hari ini pemerintah berduka karena telah kehilangan seorang pria yang mengabdikan hampir dua dekade hidupnya untuk melayani.

“Di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Fahey, pencapaian penting termasuk pengenalan Disability Services Act, kartu senior NSW dan menteri NSW pertama untuk status perempuan,” kata Berejiklian.

Ucapan duka juga datang dari Presiden Komite Olimpiade Australia saat ini, John Coates. Ia mengatakan bahwa kematiannya sebagai hari yang sangat menyedihkan, terutama menjelang peringatan 20 tahun Olimpiade Sydney.

“Selain semua pencapaian John dalam politik dan secara pribadi, kontribusinya terhadap gerakan Olimpiade di Australia sangat besar. Dorongan dan komitmennya sangat penting di Sydney untuk memenangkan tawaran menjadi tuan rumah Olimpiade Sydney 2000 dan Australia berhutang budi kepadanya,” kata Coates.

“John akan selalu menjadi bagian besar dari kisah sukses Sydney 2000, dan saat kami bersiap untuk merayakan 20 tahun sejak Olimpiade itu dimulai, sangat menyedihkan memikirkan dia tidak dapat menandai tonggak itu bersama kami,” ungkapnya sedih.

Lahir pada tahun 1945, Fahey bermigrasi ke Australia dari Selandia Baru, dan terpilih sebagai anggota parlemen pada tahun 1984. Ia menjadi perdana menteri pada tahun 1992 dan menjabat hingga 1995. Pada tahun 1996, Fahey pindah ke politik federal, menjadi anggota parlemen untuk Macarthur dan menjabat sebagai menteri keuangan selama Pemerintahan John Howard.

Politisi itu memainkan peran besar dalam upaya Sydney yang sukses saat menjadi tuan rumah Olimpiade 2000. Fahey juga dianggap berjasa saat melakukan tindakan penyelamatan terhadap Pangeran Charles dari serangan seorang penembak bernama David Kang pada saat kunjungannya ke Sydney untuk menghadiri Hari Australia pada 1994.

Setelah dua tembakan terdengar di acara publik di Sydney, Fahey mendorong dirinya sendiri di antara Pangeran dan seorang pria yang menerjang. Atas aksi heroiknya tersebut Fahey mendapat pujian dari seluruh dunia saat itu.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA