Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Itikad Baik Dalam Dialog Damai Intra-Afgan, Taliban Bebaskan 22 Tentara Afganistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 September 2020, 07:32 WIB
Itikad Baik Dalam Dialog Damai Intra-Afgan, Taliban Bebaskan 22 Tentara Afganistan
Dialog damai intra-Afghan di Doha, Qatar pada Sabtu, 12 September 2020/Net
rmol news logo Di tengah pembicaraan damai intra-Afgan di Doha, Qatar, Taliban mengumumkan langkah baik dengan membebaskan 22 tentara Afganistan yang ditawannya.

Jurubicara Taliban, Zabihullah Mujahid pada Sabtu (12/9) mengatakan, pembebasan para tahanan tentara di Provinsi Helmand tersebut merupakan salah satu isyarat niat baiknya dalam dialog damai intra-Afgan.

“Imarah Islam (Taliban) berupaya untuk mempercepat proses negosiasi intra-Afghanistan, dan langkah-langkah harus diambil untuk menciptakan suasana kepercayaan dan kepercayaan sehingga proses tersebut dapat mencapai kesimpulan yang diinginkan dan memberikan 'sistem yang sepenuhnya Islami di Afghanistan' dan mengakhiri perang secara permanen," ujar Mujahid seperti dikutip Anadolu Agency.

Pertukaran tahanan memang menjadi salah satu syarat utama digelarnya dialog damai intra-Afgan yang disepakati oleh Taliban dan Amerika Serikat (AS) pada Februari.

Namun, proses tersebut dirusak oleh berbagai kesulitan dan menyebabkan penundaan dalam dialog penting intra-Afgan yang semula dijadwalkan pada 10 Maret.

Sementara dialog damai dimulai, bentrokan di berbagai bagian Afganistan pun masih berlanjut pada Sabtu.

Media lokal melaporkan, setidaknya ada 14 personel keamanan di provinsi Logar dan Takhar, sementara lima warga sipil meninggal dunia dalam serangan Taliban di provinsi Helmand dan Kunar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA