Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Pandemi, Pakistan Ingin ASEAN Dorong Kerukunan Beragama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 September 2020, 09:55 WIB
Di Tengah Pandemi, Pakistan Ingin ASEAN Dorong Kerukunan Beragama
ASEAN Regional Forum (ARF) ke-27 yang digelar secara virtual pada Sabtu, 12 September 2020/Net
rmol news logo Pakistan menyerukan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk mendorong dilakukannya kerukunan antar umat beragama.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mehmood Qureshi dalam ASEAN Regional Forum (ARF) ke-27 yang digelar secara virtual pada Sabtu (12/9)

Pertemuan yang dipimpin oleh Vietnam yang menjadi Ketua ASEAN tersebut dihadiri oleh para menteri luar negeri dan pejabat senior pemerintahan.

Dalam pernyataannya, Qureshi bukan hanya menyerukan upaya internasional bersama untuk memerangi pandemi Covid-19, namun juga melawan perselisihan antaragama.

"Mekankan komitemen Islamabad untuk kerukunan antaragama, Pakistan mengambil langkah penting dengan membuka Koridor Kartarpur tahun lalu untuk memfasilitasi peziarah Sikh dari India dan tempat lain," ujarnya seperti dikutip Anadolu Agency.

Koridor Kartarpur merupakan sebuah koridor perbatasan antara Pakistan dan India yang menghubungkan kuil Sikh Dera Baba Nanak Sahib dan Gurdwara Darbar Sahib.

Lebih lanjut, Qureshi mengatakan, Pakistan mengutuk tindakan "negara" yang berusaha mengubah demografi wilayah mereka secara ilegal. Pernyataan tersebut tidak menyebut sebuah negara. Namun ia menekankan, penyelesaian segala sengketa dapat dilakukan secara damai sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Ia juga menggarisbawahi bahwa Afghanistan yang damai dan stabil adalah pusat dari perdamaian regional. Ia pun menekankan pentingnya penyelesaian politik yang inklusif, berbasis luas, dan komprehensif melalui negosiasi intra-Afghanistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA