Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mulai Dipilih Hari Ini, Yoshihide Suga Hampir Dipastikan Ganti PM Shinzo Abe

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 14 September 2020, 09:44 WIB
Mulai Dipilih Hari Ini, Yoshihide Suga Hampir Dipastikan Ganti PM Shinzo Abe
Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga/Net
rmol news logo Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang akan memberikan suaranya pada kandidat perdana menteri baru menggantikan Shinzo Abe pada hari ini, Senin (14/9).

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga hampir dipastikan akan memenangkan pemilihan tersebut dengan besarnya dukungan terhadap pria 71 tahun itu.

Setelah menang di partai, ia juga dipastikan dapat memenangkan suara di parlemen untuk bisa menggantikan Abe pada Rabu (16/9).

Diwartakan Reuters, Suga diproyeksikan akan mendapatkan mayoritas dari total 394 suara anggota parlemen LDP dan kemungkinan akan memenangkan mayoritas 141 suara dari cabang-cabang partai lokal.

"Suga berada di jalur kemenangan dengan lebih dari 70 persen suara anggota parlemen dan cabang-cabang lokal," lapor penyiar publik NHK.

Jika menang, Suga akan melanjutkan kepemimpinan Abe hingga September 2021 dengan tetap menjalankan kebijakan ekonomi "Abenomics"-nya.

Dekan dan profesor ilmu politik di Universitas Tokyo, Koichi Nakano mengatakan, Suga adalah kandidat penerus Abe yang terbaik di antara yang lainnya.

"Shinzo Abe dan bos partai lainnya memilih dan bergabung dengan kereta musik untuk Suga justru karena dia adalah kandidat 'kontinuitas' terbaik, seseorang yang menurut mereka dapat melanjutkan pemerintahan Abe tanpa Abe," ujarnya kepada BBC.

Sebagai politikus veteran, Suga memiliki berbagai prestasi. Salah satu penampilannya yang paling menonjol baru-baru ini adalah selama masa transisi dari kaisar sebelumnya Akihito ke Naruhito pada 2019. Suga menyerahkan nama era baru Reiwa ke publik Jepang dan global.

Meski ia hampir dipastikan akan meneruskan Abe, namun belum jelas apakah ia berhasil mempertahankan posisi itu untuk pemilihan umum tahun depan.

Dalam hal perebutan kekuasaan setelah Abe mengundurkan diri karena kondisi kesehatannya yang memburuk, Suga memiliki dua pesaing.

Pertama, Menteri Luar Negeri Kishida Fumio. Dibandingkan dengan Suga, pria 63 tahun itu membawa lebih banyak pengalaman diplomatik internasional ke meja perundingan tetapi tidak mendapat dukungan dari Abe.

Selain itu, ada mantan Sekretaris Jenderal LDP yang juga mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba. Ishiba yang juga 63 tahun adalah orang yang paling berusaha menjauhkan diri dari Abe dan berharap untuk mewakili awal yang baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA