Farah.ID
Farah.ID

Lima Orang Jadi Korban, Departemen Kesehatan Connecticut Peringatkan Ancaman Bakteri Pemakan Daging

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 15 September 2020, 08:28 WIB
Lima Orang Jadi Korban, Departemen Kesehatan Connecticut Peringatkan Ancaman Bakteri Pemakan Daging
Ilustrasi bakteri pemakan daging/Net
Departemeen Kesehatan Masyarakat (DPH) di Connecticut, Amerika Serikat (AS) memberikan peringatan pada penduduk yang tinggal di daerah garis pantai akan adanya bakteri pemakan daging.

Saat ini, bakteri pemakan daging atau vibrio vulnificus telah ditemukan di Long Island Sound dan mengancam penduduk Connecticut, seperti dilaporkan Sputnik, Senin (14/9).

Berdasarkan laporan DPH, sedikitnya sudah ada lima orang di Connecticut yang dibawa ke rumah sakit setelah tertular infeksi yang disebabkan oleh bakteri pemakan daging yang muncul di Long Island Sound sejak Juli.

Lima pasien berusia antara 49 hingga 85 tahun itu telah dirawat di rumah sakit sejak Juli. Tiga di antaranya memiliki infeksi hingga ke aliran darah, sementara dua lainnya menderita luka serius. Tidak ada kematian yang tercatat.

"Waspadalah terhadap bakteri yang berpotensi mematikan di perairan payau dan air asin Long Island Sound. Lima orang telah terinfeksi dari vibrio vulnificus," ujar pihak DPH.

"Jangan masuk ke air dengan luka terbuka. Cuci bersih dengan jika Anda melakukannya," sambungnya.

Infeksi vibrio vulnificus adalah jenis infeksi langka yang dapat ditularkan melalui makanan laut yang kurang matang atau melalui luka terbuka jika terkena garam atau air payau.

Infeksi ini membutuhkan perawatan cepat, karena sekitar 1 dari 5 orang yang terinfeksi meninggal, terkadang dalam 1 atau 2 hari setelah tertular infeksi.

Bahayanya adalah infeksi luka bisa menyebar ke seluruh tubuh, menyebabkan demam, bengkak, dIlustrasi an perubahan warna. Kadang-kadang pasien memerlukan amputasi untuk mengangkat jaringan yang mati atau terinfeksi serius.

ARTIKEL LAINNYA