Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Kirim Lagi Pejabat Tinggi Ke Taiwan, China Makin Ngamuk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 15 September 2020, 13:27 WIB
AS Kirim Lagi Pejabat Tinggi Ke Taiwan, China Makin Ngamuk
Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Rencana kunjungan pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) ke Taiwan untuk menjalin kerja sama ekonomi membuat China semakin naik pitam.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin dalam briefing pers pada Senin (14/9) mengatakan, tindakan AS tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang serius dalam hubungan diplomatik kedua negara.

"Kami mendesak AS untuk menghentikan semua bentuk pertukaran resmi dengan Taiwan, untuk menghindari kerusakan serius pada hubungan China-AS dan perdamaian serta stabilitas di seluruh Selat Taiwan," ujar Wang, seperti dikutip AP.

Sebelumnya, media lokal Taiwan melaporkan, Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Pertumbuhan Ekonomi, Energi, dan Lingkungan, Keith Krach direncanakan untuk mengunjungi Taipei pada akhir pekan ini untuk melancarkan negosiasi ekonomi dengan pemerintahan Presiden Tsai Ing-wen.

Kunjungan Krach kemungkinan akan memicu kemarahan lebih lanjut dari China. Mengingat Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan menantang setiap kontak resmi negara lain dengan pulau itu.

Kemarahan Beijing terlihat ketika Menteri Kesehatan AS, Alex Azar berkunjung ke Taiwan pada bulan lalu untuk membahas kerja sama penanganan wabah Covid-19. Azar menjadi pejabat Kabinet AS tingkat tertinggi yang pernah berkunjung ke Taiwan sejak putusnya hubungan formal keduanya pada 1979, di mana AS menerima kebijakan "Satu China" dengan Beijing.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan AS dan China berada pada titik terendahnya, di mana kedua negara berselisih pada banyak isu. Di antaranya adalah UU keamanan nasional Hong Kong, perdagangan, keamanan siber, teknologi, hingga pandemi Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA