Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Yunani, Jerman Sepakat Terima 1.500 Pengungsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 15 September 2020, 16:15 WIB
Bantu Yunani, Jerman Sepakat Terima 1.500 Pengungsi
Pengungsi yang berada di jalanan karena Kamp Moria di Pulau Lesbos hancur terbakar/Net
rmol news logo Jerman akan menerima 1.500 pengungsi dari Pulau Lesbos, Yunani setelah api membumi hanguskan Kamp Moria pada pekan lalu.

Dimuat Reuters pada Selasa (15/9), Kanselir Jerman, Angela Merkel dan Menteri Dalam Negeri Horst Seehofer telah menyetujui rencana tersebut.

Sumber pemerintah mengungkap, Jerman akan menerima migran yang permohonan suakanya telah diterima. Di mana mereka yang diterima bukan hanya berasal dari Lesbos.

Sebelumnya, Jerman dan Prancis telah berkomitmen untuk menerima 100-150 para pengungsi anak tanpa pendamping yang menjadi korban kebakaran Kamp Moria yang terjadi pekan lalu.

"Saya bertanya kepada Perdana Menteri Yunani (Kyriakos Mitsotakis) apa yang dapat kami bantu. Dan ia ingin agar kami menerima anak-anak di bawah umur yang telah dibawa ke daratan," ujar Merkel.

"Kami telah menjalin kontak dengan Prancis. Jerman dan Prancis akan mengambil bagian (dalam upaya ini)," sambungnya.

Setelah itu, pemerintahan koalisi telah menyepakati jumlah pengungsi yang akan mereka terima selain anak-anak tanpa pendamping.

Kamp Moria di Lesbos diketahui menampung lebih dari 12 ribu pengungsi dan imigran. Kamp tersebut dilanda kebakaran hebat pada Selasa malam (8/9) sehingga hampir hancur total.

Pihak berwenang menyebut saat ini tengah melakukan penyelidikan karena adanya dugaan api dilakukan dengan sengaja. Di mana laporan lokal memuat, api muncul sebagai aksi protes para pengungsi atas tindakan pembatasan ketat untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Kehancuran Kamp Moria memicu persoalan pelik mengenai penampungan pengungsi. Dari beberapa foto terlihat para pengungsi tidur di pinggiran jalan.

Totalnya, ada sekitar 30 ribu pengungsi dan migran yang tinggal di pulau-pulau Yunani untuk mendapatkan suaka ke negara-negara Eropa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA