Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berangsur Pulih, Alexei Navalny Sudah Laporkan Kasus Upaya Pembunuhannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 15 September 2020, 18:33 WIB
Berangsur Pulih, Alexei Navalny Sudah Laporkan Kasus Upaya Pembunuhannya
Alexei Navalny bersama dengan istrinya, Yulia dan kedua anaknya/Net
rmol news logo Tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny tampak sudah membaik setelah dirawat di rumah sakit Berlin, Jerman karena dugaan keracunan pada bulan lalu.

Melalui akun Instagram miliknya, Navalny mengunggah foto ketika ia duduk di tempat tidur dan dikelilingi oleh keluarganya pada Selasa (15/9).

Foto itu menunjukkan Navalny duduk di tempat tidur dan melihat ke arah kamera, dengan istrinya Yulia menopang dia dengan tangan dan kedua anak mereka melihat.

"Hi, ini Navalny. Aku merindukan kalian semua. Saya masih sulit melakukan apa-apa, tetapi kemarin saya dapat bernapas sendiri sepanjang hari. Benar-benar sendiri," tulisnya dalam keterangan foto tersebut.

Navalny yang merupakan kritikus paling vokal terhadap pemerintahan Presiden Rusia, Vladimir Putin dilarikan ke rumah sakit setelah pingsan di atas pesawat yang akan membawanya ke Moskow pada bulan lalu.

Beberapa hari dirawat di rumah sakit Omsk, Siberia, ia akhirnya diterbangkan ke Berlin untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Jerman mengungkap, hasil tes di tiga laboratorium menunjukkan, Navalny telah diracuni dengan agen saraf Novichok. Namun Rusia menyebut tuduhan tersebut tidak berdasar.

Jurubicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan, Moskow terbuka untuk menjelaskan apa yang terjadi pada Navalny, namun pihaknya harus mendapatkan akses informasi kondisi Navalny di Jerman.

Mengutip pejabat keamanan Jerman, The New York Times melaporkan,  Navalny telah berbicara dengan seorang jaksa Jerman tentang upaya pembunuhannya dan mengatakan dia berencana untuk kembali ke Rusia segera setelah dia pulih.

“Setiap warga negara Federasi Rusia bebas meninggalkan Rusia dan kembali ke Rusia. Jika warga Federasi Rusia pulih kesehatannya, maka tentu saja semua orang akan senang karenanya," ujar Peskov menanggapi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA