Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pemilu, Trump Makin Gencar Tekan Venezuela

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 September 2020, 12:42 WIB
Jelang Pemilu, Trump Makin Gencar Tekan Venezuela
Presiden Venezuela, Nicolas Maduro/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) terus mencari celah untuk menekan rezim Presiden Venezuela, Nicolas Maduro. Kali ini menggunakan para pengungsi dari Venezuela yang bermigrasi ke Brasil.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dijadwalkan terbang ke Brasil untuk bertemu dengan rekannya, Ernesto Araujo serta para pengungsi Venezuela pada Jumat (18/9). Pertemuan tersebut akan dilakukan di Boa Vista selama tiga setengah jam.

Pada dasarnya, pertemuan dengan para pengungsi tersebut merupakan bagian dari tur kawasan Pompeo yang akan dilakukan dari Kamis (17/9) hingga Minggu (20/9). Ia juga akan mengunjungi Kolombia, Suriname, dan Guyana.

Dimuat Reuters, Departemen Luar Negeri menyebut tur tersebut akan menyoroti komitmen AS dalam mempertahankan demokrasi.

"Mereka akan berbicara tentang pengungsi Venezuela yang telah diperlakukan dengan sangat buruk di negara mereka," ujar Ditabesar AS untuk brasil, Todd Chapman.

"Sudah waktunya rezim Maduro yang tidak sah pergi," sambungnya seraya mengungkap selama ini Brasil telah menerima 250 ribu warga Venezuela.

Sejak 18 Maret, Brasil sendiri sudah menutup perbatasan Venezuela dan menghentikan arus pengungsi yang rata-rata melibatkan 600 orang per hari.

Menjelang pemilihan presiden AS pada 3 November, Presiden Donald Trump semakin gencar berusaha menggulingkan Maduro dengan berbagai cara.

Pada dasarnya, kondisi Venezuela memburuk setelah AS menerapkan berbagai sanksi yang membuat ekonomi negara tersebut terhimpit. Sulitnya kondisi ekonomi di Venezuela membuat warganya mengungsi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA