Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Connie Rahakundini Bakrie: Normalisasi Israel Dengan Dunia Arab Tidak Mengejutkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 September 2020, 19:43 WIB
Connie Rahakundini Bakrie: Normalisasi Israel Dengan Dunia Arab Tidak Mengejutkan
Analis Militer dan Pertahanan, Connie Rahakundini Bakrie/RMOL
rmol news logo Normalisasi hubungan yang dilakukan oleh Israel dengan dunia Arab tidak mengejutkan. Pasalnya, gagasan dan proses tersebut sudah muncul sejak lama.

Analis militer dan pertahanan Connie Rahakundinie Bakrie mengatakan, dunia Arab sudah tampak mencetuskan normalisasi hubungan dengan Israel pada 2002, ketika menyepakati Inisiatif Perdamaian Arab.

Inisiatif tersebut berisi negara-negara Arab akan melakukan normalisasi hubungan dengan Israel dengan imbalan penarikan penuh Israel dari tanah yang diduduki setelah perang 1967, serta pembentukan negara Palestina yang merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

"Kemudian 2012 misalnya, ada Arab Spring. Negara-negara Arab dihadapkan pada pilihan untuk menjadi negara Islam atau sekuler," ujarnya dalam RMOL World View bertajuk "Normalisasi Arab-Israel Mungkinkah?" pada Rabu (16/9).

Selain itu, Connie mengungkap, jika dilihat pada 2017, negara-negara Arab mulai membuka diri dengan Israel. Terlihat ketika pada Juni 2017, Menteri Transportasi dan Intelijen israel, Yisrael Katz menyarankan Raja Salman untuk mengundang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Kemudian pada November 2017, Israel mengaku siap berbagi informasi intelijen mengenai Iran dengan Arab Saudi.

Proses tersebut kemudian memiliki momentum ketika pemilihan presiden Amerika Serikat (AS), di mana petahana Presiden Donald Trump memberikan dorongan yang keras untuk menormalisasi hubungan Israel dengan dunia Arab.

"Jadi tidak mengejutkan," tekannya.

Israel bersama dengan UEA dan Bahrain telah resmi menandatangani kesepakatan damai yang disebut dengan Abraham Accord.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu; Menteri Luar Negeri Bahrain, Abdullatif bin Rashid Alzayani; dan Menteri Luar Negeri UEA, Abdullah bin Zayed Al Nahyan di Gedung Putih pada Selasa (15/9). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA