Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Negosiasi Perdamaian Afganistan, Dewan Keamanan PBB Perpanjang Misi UNAMA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 September 2020, 15:14 WIB
Dukung Negosiasi Perdamaian Afganistan, Dewan Keamanan PBB Perpanjang Misi UNAMA
Dewan Keamanan PBB perpanjang misi UNAMA/Net
rmol news logo UN Assistance Mission in Afghanistan (UNAMA) telah diperpanjang selama satu tahun oleh Dewan Keamanan PBB melalui Resolusi DK PBB 2543 yang disahkan pada Selasa (15/9).

Perpanjangan tersebut dilakukan untuk mendukung negosiasi perdamaian intra-Afgan yang baru dimulai pada Sabtu (12/9) di Doha, Qatar.

Dalam resolusi tersebut, Indonesia memiliki peran sebagai co-penholder untuk isu Afganistan di DKK bersama dengan Jerman. Di mana Indonesia juga berpartisipasi dalam pembukaan pembicaraan damai intra-Afgan akhir pekan lalu.

"Hal ini sejalan dengan apa yang saya sampaikan dalam statement Indonesia di pembukaan Afghanistan Peace Negotiations bahwa dunia internasional harus memberikan dukungan dan menciptakan kondisi kondusif agar negosiasi dapat berjalan dengan hasil baik," jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual pada Kamis (19/8).

Selain memperpanjang UNAMA, Resolusi 2543 juga menyambut baik dimulainya Afghanistan Peace Process (APP), meningkatkan peran UNAMA selama pandemi, serta pentingnya Afghan-led and Afghan-owned Peace Process dengan partisipasi inklusif perempuan dan kaum muda.

"Sekali lagi, berhasil disahkannya resoludi 2543 mengenai perpanjangan misi UNAMA di Afganistan merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen Indonesia untuk mendukung proses perdamaian di Afganistan," sambungnya.

UNAMA sendiri merupakan misi PBB yang memiliki mandat untuk mendukung pemerintah Afganistan dalam beberapa hal, di antaranya pembangunan politik termasuk penguatan institusi pemerintahan, negosiasi perdamaian, penegakan HAM, dan perlindungan rakyat sipil khususnya anak-anak serta perempuan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA