Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wakil Menlu AS Kunjungi Taiwan, China Langsung Gelar Latihan Tempur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 September 2020, 12:22 WIB
Wakil Menlu AS Kunjungi Taiwan, China Langsung Gelar Latihan Tempur
Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Urusan Ekonomi, Keith Krach tiba di Taiwan/Net
rmol news logo Kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Urusan Ekonomi, Keith Krach ke Taiwan telah membuat marah China.

Tepat pada hari kunjungan Krach, yaitu pada Jumat (18/9), Beijing menggelar latihan tempur di dekat Selat Taiwan dengan melibatkan komando teater timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Tanpa memberikan rincian mengenai latihan tersebut, jurubicara Kementerian Pertahanan China, Ren Guoqiang menegaskan aksi tersebut dilakukan untuk melindungi kedaulatan nasional.

"Itu adalah tindakan yang wajar dan perlu yang ditujukan pada situasi saat ini di Selat Taiwan untuk melindungi kedaulatan nasional dan intergritas teritorial," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Dalam pernyataannya, Ren mengatakan, Taiwan adalah urusan internal China yang tidak boleh melibatkan campur tangan asing. Namun, ia katakan, beberapa waktu terakhir AS berusaha untuk menggunakan Taiwan dalam mengontrol China.

“Baru-baru ini, otoritas AS dan Partai Progresif Demokratik (DPP) meningkatkan kolusi mereka, seringkali menimbulkan gangguan,” kata Ren, merujuk pada partai yang berkuasa di Taiwan yang menaungi Presiden Tsai Ing-wen.

“Mereka yang bermain api akan terbakar,” sambungnya.

Sejauh berita ini dirilis, pemerintah Taiwan belum memberikan tanggapan.

Sementara itu, Krach sendiri mengunjungi Taiwan dengan sederhana. Ia menjadi pejabat tinggi AS kedua yang berkunjung secara resmi setelah Menteri Kesehatan Alex Azar.

Krach dijadwalkan bertemu dengan Tsai dan menghadiri upacara peringatan mendiang Presiden Lee Teng-hui pada Sabtu (19/9).

Kunjungan Krach sendiri ditujukan untuk membangun kerja sama ekonomi dengan Taiwan, meski sebenarnya AS tidak memiliki hubungan resmi dengan pulau tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA