Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Percaya Corona Pendeta Anti Masker AS Kini Dirawat Di ICU Karena Terinfeksi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 18 September 2020, 15:59 WIB
Tak Percaya Corona Pendeta Anti Masker AS Kini Dirawat Di ICU Karena Terinfeksi Covid-19
Warga Idaho memprotes protokol kesehatan/Net
rmol news logo Seorang pendeta di Idaho yang mengaku bahwa dirinya tidak pernah memakai masker selama kebaktian dan berulang kali mempertanyakan kebenaran laporan kasus virus corona kini tengah berada di ICU setelah tertular Covid-19.

Paul Van Noy, demikian nama pendeta senior di Gereja Cahaya Lilin di Coeur d'Alene. Saat ini ia telah menghabiskan dua minggu di rumah sakit dengan diagnosis Covid-19, koordinator pelayanan Eric Reade mengonfirmasi kepada CNN.

"Lima staf gereja lainnya juga terinfeksi virus corona, tetapi mereka semua telah pulih," katanya, seperti dikutip dari 9News, Jumat (18/9).

Dalam komentar yang dibagikan melalui Gereja Cahaya Lilin , Van Noy mengatakan dia akan segera pindah dari ICU ke ruangan lain di rumah sakit dan kemudian pulih di rumah.

"Saat ini saya merasa baik-baik saja tetapi masih membutuhkan sedikit bantuan oksigen -terutama jika dan ketika saya mencoba bangun dari tempat tidur," katanya dalam sebuah pernyataan melalui gereja.

Tak hanya Van Noy, rupanya Istrinya juga tertular Covid-19 tetapi tidak dirawat di rumah sakit. Pasangan itu adalah dua dari lebih dari 3.050 kasus di daerah Idaho Barat Laut, demikian ditunjukkan data kesehatan setempat.

Gereja Cahaya Lilin menutup pintunya sementara pada bulan Maret lalu tetapi dibuka kembali untuk kebaktian langsung pada awal Mei.

"Gereja Van Noy tidak mengharuskan umat paroki memakai masker, meskipun mereka dipersilakan," kata Reade.

Dalam sebuah layanan 22 Juli yang diposting online, Van Noy mengatakan meski dia tidak keberatan jika orang lain memakai masker, dia tidak tidak ingin diperintahkan bahwa dia perlu memakai masker. Bahkan dia juga mengatakan tidak akan mematuhi jika kota memerintahkannya untuk menghentikan layanan secara langsung, meskipun gereja juga menyiarkan langsung layanannya.

Sementara itu, secara nasional sejumlah pemimpin gereja telah didenda dan bahkan ditangkap karena mengadakan kebaktian selama pandemik.

Dalam postingan Facebook bulan Juli , Van Noy secara keliru mengklaim bahwa memakai masker tidak mencegah penularan Covid-19, dan dia mendesak umatnya untuk tidak takut akan penyebab atau akibat Covid-19.

Berbagai penelitian internasional menunjukkan bahwa memakai masker, dipasangkan dengan jarak sosial yang terus-menerus, adalah cara paling efektif untuk mencegah penularan virus corona . Masker wajah yang efektif mencegah orang tanpa gejala bersin, batuk, atau memuntahkan tetesan yang mengandung virus dan mencegah pemakainya menghirup tetesan pembawa virus milik orang lain.

"Semoga kita tetap tenang di saat seperti ini. Dan, semoga kami mempertahankan kebebasan kami agar tidak segera hilang. Kami tidak akan menutup gereja kami, kami tidak akan berhenti menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan, dan kami tidak akan diharuskan memakai masker atau menahan diri untuk tidak memberikan kesempatan kepada mereka yang ingin mengenakannya," tulisnya Van Noy. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA