Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kematian Hakim Agung Ginsburg Picu Ketegangan Politik Untuk Pemilihan Penggantinya, Pilpres AS Makin Panas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 19 September 2020, 12:22 WIB
Kematian Hakim Agung Ginsburg Picu Ketegangan Politik Untuk Pemilihan Penggantinya, Pilpres AS Makin Panas
Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg meninggal pada Jumat (18/9)/Net
rmol news logo Kematian Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg adalah hilangnya kekuatan yang memelopori hak-hak perempuan. Ini juga menandai dimulainya pertempuran politik yang sengit tentang siapa yang akan menggantikannya, beberapa minggu setelah pemilihan presiden.

Ginsburg, yang meninggal hari Jumat pada usia 87 tahun setelah berjuang melawan kanker, meninggalkan kursi terbuka di Mahkamah Agung di mana kaum konservatif sekarang melebihi jumlah kaum liberal.

Trump awal bulan ini telah mengumumkan daftar kemungkinan calon Mahkamah Agung, jika dia memiliki kesempatan untuk mencalonkan lebih banyak hakim baik dalam masa jabatannya saat ini atau yang berikutnya.

Nama-nama tersebut termasuk hakim Ginsburg dan bahkan senator seperti Senator Ted Cruz dan Senator Tom Cotton. Hakim Amy Coney Barrett, yang duduk di Pengadilan Banding AS untuk Sirkuit Ketujuh, dianggap sebagai pesaing teratas untuk nominasi.

Trump mengadakan briefing harian pada Jumat malam. Saat dia naik ke podium, berita kematian Ginsburg belum dirilis. Trump pun menyebutkan calon calon Mahkamah Agung sambil lalu, mengatakan dia mengeluarkan daftar 40 orang yang 'konservatif' dan percaya pada Konstitusi.

Ketika Trump diberitahu tentang kematian Ginsburg oleh wartawan setelah briefing itu, Trump nampak terkejut.

"Dia baru saja meninggal? Wow. Saya tidak tahu itu," kata presiden kepada wartawan. "Dia menjalani kehidupan yang luar biasa. Apa lagi yang bisa kamu katakan? Dia wanita yang luar biasa, baik kamu setuju atau tidak. Dia adalah wanita luar biasa yang menjalani kehidupan luar biasa."

Sumber Gedung Putih mengatakan kepada CBS News bahwa Trump diperkirakan akan mencalonkan pengganti Ginsburg, walaupun misalnya dia kalah pada saat  pilpres.  Sumber tersebut mengatakan dia akan melakukan segala yang dia bisa untuk mengisi kursi, dan memperluas warisannya menunjuk hakim konservatif ke pengadilan federal.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell telah berulang kali mengatakan dia akan bergerak cepat untuk mengisi kekosongan apa pun di Mahkamah Agung, meskipun dia menggunakan pendekatan yang berbeda ketika Hakim Antonin Scalia meninggal pada Februari 2016.

"Calon Presiden Trump akan menerima pemungutan suara di lantai Senat Amerika Serikat," kata McConnell dalam sebuah pernyataan Jumat malam.

Tetapi juga tidak jelas apakah dia mendapat dukungan dari seluruh kaukus Partai Republik, terutama di antara Partai Republik yang rentan dalam siklus ini.

Orang-orang Demokrat di Senat yakin untuk menemukan cara apa pun yang mereka bisa untuk menghentikan proses tersebut, meskipun Senat yang dikendalikan Republik meninggalkan beberapa opsi yang mereka miliki.

Mayoritas senator hadir dan pemungutan suara diperlukan untuk konfirmasi sukses dari hakim Mahkamah Agung. Partai Republik saat ini mengontrol Senat dengan 53 kursi.

Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer telah mempertimbangkan di mana dia berdiri.

"Rakyat Amerika harus memiliki suara dalam pemilihan Hakim Agung mereka berikutnya. Oleh karena itu, kekosongan ini tidak boleh diisi sampai kita memiliki presiden baru," cuitnya Jumat malam.

Menurut exit polling CBS News setelah pemilihan presiden terakhir, 70 persen orang Amerika mengatakan penunjukan ke Mahkamah Agung adalah faktor terpenting atau faktor penting dalam memutuskan suara mereka untuk presiden.

Kematian Ginsburg terjadi hanya beberapa hari sebelum Mahkamah Agung memulai masa jabatan baru, yang dimulai pada bulan Oktober dan akan dilakukan dari jarak jauh dengan argumen telepon. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA