Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Populer Di Kalangan Demokrat, Ginsburg Membuat Joe Biden Berduka Atas Kematiannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 19 September 2020, 13:57 WIB
Populer Di Kalangan Demokrat, Ginsburg Membuat Joe Biden Berduka Atas Kematiannya
Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden?Net
rmol news logo Ratusan orang berkumpul pada Jumat malam di luar Mahkamah Agung dengan nyala lilin dan senandung kesedihan. Mereka sedang sangat berdua dan menangisi kepergian Hakim Ruth Bader Ginsburg.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sekelompok besar pelayat memadati tangga pengadilan tinggi. Mereka berlutut meninggalkan karangan bunga, bendera Amerika kecil, dan pesan belasungkawa yang ditulis tangan pembela hak-hak perempuan yang meninggal karena komplikasi kanker. Lilin doa dengan foto Ginsburg juga memenuhi tangga pengadilan.

Beberapa kali, puluhan penonton menyanyikan lagu “Amazing Grace” dan “This Land is Your Land” saat yang lain saling berpelukan dan menghapus air mata.

“Terima kasih RBG,” salah satu tanda berbunyi. Di trotoar, "RBG" digambar dengan kapur warna merah muda.

“Saya pikir penting bagi kami untuk mengenali perintis seperti itu,” kata salah seorang warga yang ikut dalam aksi berkabung. “Sungguh menakjubkan melihat berapa banyak orang yang merasakan kehilangan malam ini dan mengucapkan selamat tinggal.”

Anggota parlemen dari Partai Demokrat dan Republik bersama dengan tokoh-tokoh terkemuka lainnya memberi penghormatan kepada Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg, yang meninggal pada Jumat malam di usia 87 tahun.

“Bangsa kita telah kehilangan seorang ahli hukum yang memiliki reputasi bersejarah," kata Ketua Mahkamah Agung John Roberts.

“Kami di Mahkamah Agung telah kehilangan seorang rekan yang disayangi. Hari ini kami berduka, tetapi dengan keyakinan bahwa generasi mendatang akan mengingat Ruth Bader Ginsburg seperti yang kami kenal -seorang pejuang keadilan yang tak kenal lelah dan tegas.”

Sementara Joe Biden mengatakan Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg adalah sosok yang tidak pernah menyerah. Seseorang yang kuat pada prinsip, gigih dalam mengejar hak sipil dan hukum serta hak sipil setiap orang.

"Tidak hanya kuat dan besar dalam profesinya sendiri, tetapi beliau adalah sosok yang dicintai, dan hati saya tertuju kepada semua orang yang merawat dan peduli padanya," kata Biden dalam sebuah pernyataan setelah melakukan perjalanan ke Delaware dari Minnesota, tempat dia berkampanye di pinggiran kota Duluth.

"Malam ini dan dalam beberapa hari mendatang kita fokus pada lenyapnya tokoh pejuang keadilan yang merupakan warisannya yang abadi," ujar Biden.

Ginsburg sangat populer di kalangan Demokrat. Tahun 2009 Ruth Ginsburg masuk ke dalam list 100 wanita paling berpengaruh majalah Forbes. Pada tahun 2012 Majalah Glamour menobatkan Ruth Ginsburg sebagai Woman of the Year 2012.

Dalam beberapa tahun terakhir, Ginsburg telah beberapa kali dirawat di rumah sakit, termasuk selama dua hari di bulan Mei untuk dirawat karena infeksi kandung empedu jinak. Namun, meskipun dirawat ia tetap aktif dan kerap berpartisipasi dalam kegiatan pengadilan melalui teleconference. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA