Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Bunuh Diri Karena Dampak Pandemi, Musisi Minta Pemerintah Turki Segera Ulurkan Bantuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 19 September 2020, 16:44 WIB
Cegah Bunuh Diri Karena Dampak Pandemi, Musisi Minta Pemerintah Turki Segera Ulurkan Bantuan
Para musisi lakukan aksi protes agar pemerintah memberikan perhatiannya akibat dampak pandemi/Net
rmol news logo . Pandemik Covid-19 membawa umat pada kejatuhan yang paling dalam. Banyak orang kehilangan pekerjaan dan mengalami perekonomian yang paling sulit, yang kemudian membuat mereka jatuh pada keputusasaan. Persatuan Musisi dan Penampil Turki (Muzik-Sen) mendata sekitar 100 musisi bunuh diri dalam laporan yang diungkapkan baru-baru ini.

Muzik-Sen memperkirakan ada sejuta musisi yang terdaftar di Turki. Mereka mayoritasnya bekerja tanpa asuransi dan jaminan sosial. Selama pandemi virus corona, mereka mengalami kesulitan mendapat penghasilan seiring tak diizinkannya lagi kegiatan berkumpulnya massa dan ditutupnya semua akses.

Panggung-panggung tidak diijinkan lagi, perjalanan ditutup, dan mereka mengalami kesulitan yang ekstrem dengan lenyapnya sumber penghasilan. Musisi yang semula mengandalkan pendapatan dari panggung tak lagi bisa melakukan hal tersebut. Pendapatan sambilan dari kegiatan pernikahan dan lainnya juga sudah tidak ada.

Mengutip Arab News, Sabtu (19/9), para musisi berharap pemerintah memberikan bantuannya. Pemerintah bisa mengucurkan paket bantuan guna mencegah mereka bunuh diri karena stres tak punya penghasilan. Namun, sejauh ini pemerintah belum mengambil keputusan apa pun. Bantuan tidak turun.

"Pemerintah belum memberi perlindungan pada musisi dalam kondisi sulit ini. Padahal ketika tanpa kehadiran musisi maka kebudayaan terancam perkembangannya," kata perwakilan Musik-Sen Hasan Aldemir.

Aldemir menyatakan musisi menopang sektor pekerja informal di Turki. Oleh karena itu pemerintah perlu mengambil langkah penyelamatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA