Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prioritas Trump, Wujudkan Perjanjian Washington Untuk Serbia- Kosovo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 21 September 2020, 15:30 WIB
Prioritas Trump, Wujudkan Perjanjian Washington Untuk Serbia- Kosovo
Richard Genel/Net
rmol news logo Utusan khusus Presiden AS untuk perundingan antara Serbia dan Kosovo, Richard Grenel, menyatakan bahwa pelaksanaan kesepakatan Washington antara kedua belah pihak merupakan prioritas utama pemerintahan Amerika saat ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Pelaksanaan perjanjian Kosovo-Serbia adalah prioritas pertama pemerintahan (Presiden AS Donald) Trump," ujarmya seraya menyampaikan akan ada pertemuan pada pekan ini antara dua negara, seperti dilaporkan media Beta, Senin (21/9).

"Sampai jumpa di Pristina dan Beograd minggu ini," tulis Grenel dalam akun Twitter, Senin (21/9), sambil me-retweet cuitan  duta besar Kosovo untuk AS, Vlora Citak, yang menuliskan pernyataan dari American Financial Corporation for International Development (DFC),  yang mengumumkan kedatangan delegasi pemerintah AS ke Pristina dan Beograd.

DFC mengumumkan bahwa delegasi pemerintah Amerika yang dipimpin oleh direktur eksekutif bank pembangunan yaitu Adam Boler, akan mengunjungi Yunani, Kosovo, Serbia dan Israel dalam lima hari ke depan, guna meningkatkan kerja sama ekonomi dan pembangunan.

Grenel akan menjadi bagian dari delegasi yang datang untuk mengimplementasikan kesepakatan Washington antara para pemimpin Serbia dan Kosovo tentang normalisasi hubungan ekonomi.

Sebelumnya, para pemimpin Serbia dan Kosovo menandatangani masing-masing salinan dokumen yang disebut "Normalisasi Ekonomi" pada tanggal 4 September di Gedung Putih, yang hanya berbeda pada poin terakhir dari 16 poin.

Salah satu poinnya menyatakan bahwa Kosovo dan Serbia akan bekerjasama dengan DFC dan Bank Ekspor-Impor (EXIM) Amerika Serikat tentang nota kesepahaman untuk realisasi Jalan Raya Perdamaian, hubungan kereta api antara Pristina dan Merdar, hubungan kereta api antara Nis dan Pristina, dan pemberian pembiayaan pinjaman.

Dalam pengumuman hari ini, DFC menyatakan bahwa dalam kunjungan tersebut, pihaknya akan "meletakkan dasar-dasar untuk pembukaan kantor di Beograd guna memfasilitasi pelaksanaan proyek-proyek yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA