Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pidato Di PBB, Xi Jinping Siap Sindir AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 22 September 2020, 12:42 WIB
Pidato Di PBB, Xi Jinping Siap Sindir AS
Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Jarang tampil di hadapan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Presiden China Xi Jinping akhirnya akan memberikan pidato yang langsung menyerang Amerika Serikat (AS).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pidato virtualnya pada Selasa malam (22/9) nanti, Xi diperkirakan akan mengatakan tidak ada negara yang boleh diizinkan untuk melakukan apa pun yang dia suka dan menjadi hegemon, pengganggu atau bos dunia.

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan, Xi mendesak PBB untuk mendorong negara-negara berkembang untuk memiliki peran yang lebih besar dalam urusan dunia.

"PBB bisa lebih seimbang dalam tatanan internasional yang didukung oleh hukum internasional," ujarnya sembari mengatakan negara tidak boleh dikuasai oleh mereka yang mengacungkan tinju ke orang lain.

"Tidak boleh ada praktik pengecualian atau standar ganda. Hukum internasional juga tidak boleh didistorsi dan digunakan sebagai dalih untuk merusak hak dan kepentingan sah negara lain," tekannya.

Selain Xi, Sidang Majelis Umum PBB ke-75 juga akan menghadirkan pidato dari Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan sejumlah pemimpin dunia lainnya.

Meskipun tidak menyebut nama negara mana pun, namun pernyataan Xi itu muncul di tengah ketegangan antara China dan AS atas berbagai macam hal. Termasuk perang dagang, pelanggaran HAM, hingga pandemi Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA