Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hindari Perang Dingin Baru, Macron Ingatkan Pemimpin Dunia Tdak Boleh Terpengaruh Dominasi China - AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 September 2020, 07:23 WIB
Hindari Perang Dingin Baru, Macron Ingatkan Pemimpin Dunia Tdak Boleh Terpengaruh Dominasi China - AS
Presiden Prancis Emmanuel Macron/Net
rmol news logo Presiden Prancis dalam pidatonya di Sidang Umum virtual PBB ke-75 Selasa (22/9), mengingatkan bahwa para pemimpin dunia tidak boleh membiarkan diri mereka di dominasi oleh perebutan kekuasaan geopolitik antara AS dan China.

"Dunia saat ini tidak dapat direduksi menjadi persaingan antara China dan Amerika Serikat, terlepas dari bobot global kekuatan-kekuatan besar ini," ujar Emmanuel Macron, seperti dikutip dari AFP, Rabu (23/9).

Dalam sidang yang digelar secara virtual itu, para pemimpin dunia telah diundang untuk memberikan pesan yang telah direkam sebelumnya, di mana delegasi diwakili secara langsung oleh seorang diplomat.

Seperti telah diduga sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menggunakan kesempatan itu untuk menyerang penanganan China terhadap pandemik virus corona, dengan mengatakan pihaknya harus bertanggung jawab karena telah 'melepaskan wabah ini ke dunia'.

Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada Majelis Umum PBB bahwa China harus dimintai pertanggungjawaban oleh dunia atas tindakannya atas pandemik Covid-19.

Dalam pesan yang terekam, Trump menuduh Beijing mengizinkan virus corona 'meninggalkan China dan menginfeksi dunia'.

Sebaliknya, Presiden China Xi Jinping memberikan nada damai dalam pidato yang telah direkam sebelumnya, menyerukan peningkatan kerja sama atas pandemi dan menekankan bahwa China tidak berniat untuk berperang baik Perang Dingin atau perang panas dengan negara mana pun.

"Kami akan terus mempersempit perbedaan dan menyelesaikan perselisihan dengan pihak lain melalui dialog dan negosiasi," kata Xi dalam pernyataan yang direkam sebelumnya.

"Kami tidak akan berusaha untuk hanya mengembangkan diri kami sendiri atau terlibat dalam permainan zero sum."

Sementara itu Sekretaris Jenderal Antonio Guterres memperingatkan bahwa saat ini dunia sedang menghadapi krisis kesehatan penting, bencana ekonomi terbesar sejak Depresi Hebat dan kekhawatiran akan Perang Dingin baru antara AS dan China.

Dalam pidatonya di tengah situasi suram dunia, ketua PBB menyerukan persatuan global, terutama untuk memerangi pandemik virus corona, dan dengan tajam mengkritik populisme dan nasionalisme karena gagal menahan virus, dan sering memperburuk keadaan.

Guterres menyerukan gencatan senjata global pada tanggal 23 Maret untuk mengatasi pandemi, dan ia meminta dorongan 100 hari oleh komunitas internasional, yang dipimpin oleh Dewan Keamanan, "untuk mewujudkannya pada akhir tahun".

"Hanya ada satu pemenang konflik selama pandemi: virus itu sendiri," tegasnya, mengulangi peringatan yang dia buat kepada para pemimpin dunia setahun lalu tentang meningkatnya persaingan AS-China.

“Dunia kita tidak mampu memiliki masa depan di mana dua ekonomi terbesar membelah dunia dalam Fraktur Besar - masing-masing dengan aturan perdagangan dan keuangannya sendiri serta kapasitas internet dan kecerdasan buatan,” kata Guterres.

“Kita harus melakukan segalanya untuk menghindari Perang Dingin baru," lanjutnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA