Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Papua Nugini Berjuang Untuk Alat Tes, Gugus Tugas: Kita Semua Rentan Terhadap Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 September 2020, 10:44 WIB
Papua Nugini Berjuang Untuk Alat Tes, Gugus Tugas: Kita Semua Rentan Terhadap Covid-19
Papan di perbatasan Papua Nugini/Net
rmol news logo Menteri Kesehatan Papua Nugini mengeluhkan negaranya tidak memiliki alat penguji Covid-19 yang cukup. Sejak awal pandemik, kurang dari 17.500 tes dilakukan di seluruh negeri.

Walau Papua Nugini (PNG) tercatat memiliki angka kasus yang terbilang kecil, tercatat hanya 517 kasus Covid-19 dengan 7 kematian per Selasa (22/9), kasus-kasus baru pada  Agustus dan awal September terindikasi mengalami peningkatan dari jumlah yang dicatat secara resmi.

Pengendali Respons Pandemi Nasional PNG, Kepala Polisi David Manning, mengatakan beberapa provinsi PNG tidak melakukan tes dengan benar atau mengirim penyeka ke otoritas kesehatan pusat.

Menteri Kesehatan Jelta Wong mengungkapkan bahwa akses untuk melakukan pengujian sangat terbatas. Ia mengatakan otoritas regional sedang mengupayakan semampunya yang mereka bisa lakukan.

“Alat penguji adalah apa yang kami kurang saat ini,” ujar Wong lewat saran Radio NZ, mengutip The Guardian, Rabu (23/9).

“Seperti yang Anda ketahui, dunia sedang berjuang untuk perangkat pengujian ini. Itu juga yang kami alami. Mudah-mudahan kita akan mendapatkannya pada akhir bulan ini,” kata Wong.

David Manning mengatakan lonjakan infeksi di ibu kota PNG yang padat, Port Moresby, sangat mengkhawatirkan. Sekitar 40 persen penduduk ibu kota tinggal di permukiman informal, dengan sedikit air ledeng, dan sedikit kemampuan untuk jarak sosial.

“Kita semua rentan terhadap Covid-19. Itu dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, termasuk anggota muda komunitas kita. Virus ini tidak mendiskriminasi dan dapat menyerang setiap anggota komunitas kami, jadi mari kita semua tetap waspada,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA