Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin Tawari Vaksinasi Sputnik V Gratis Untuk Seluruh Staf PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 September 2020, 11:07 WIB
Putin Tawari Vaksinasi Sputnik V Gratis Untuk Seluruh Staf PBB
Sputnik V/Net
rmol news logo Presiden Vladimir Putin menawarkan vaksin Covid-19 andalan Rusia, Sputnik V, secara gratis pada staf Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hal tersebut diungkap Putin dalam pidatonya secara virtual di Sidang Umum PBB ke-75 pada Selasa (22/9)

"Siapa pun di antara kita dapat menghadapi virus berbahaya ini. Virus itu tidak luput dari staf PBB, markas besar, dan entitas regional lainnya," ujarnya, seperti dikutip Associated Press.

"Rusia siap menawakan kepada pekerja PBB bantuan yang diperlukan dan memenuhi syarat, dan secara khusus kami mengusulkan untuk memasok vaksin kami secara gratis kepada karyawan organisasi dan anak perusahaannya yang menjadi sukarelawan untuk vaksinasi," sambungnya.

Putin juga mengatakan bahwa putrinya ikut menjadi salah satu sukarelawan dari uji klinis Sputnik V yang saat ini sudah mendapatkan lisensi walaupun keamanan dan efektifitasnya masih diragukan.

Menanggapi tawaran Putin, jurubicara PBB Stephane Dujarric menyampaikan ucapan terima kasihnya.

"Kami berterima kasih kepada Presiden Putin atas tawaran dermawannya yang akan dipelajari oleh layanan medis kami," ujar Dujarric.

Meski begitu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang selama ini meragukan Sputnik V enggan memberikan komentar.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan di jurnal Lancet, pengembang vaksin Rusia mengatakan Sputnik V tampaknya aman dan memicu respons antibodi pada semua 40 orang yang diuji pada fase kedua penelitian dalam tiga minggu.

Pada Senin (21/9), media Rusia melaporkan, direktur regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge, memuji Sputnik V setelah bertemu dengan Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko di Moskow. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA