Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wanita Kanada Diduga Jadi Dalang Teror Surat Berisi Racun Risin Yang Dikirim Ke Gedung Putih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 September 2020, 12:57 WIB
Wanita Kanada Diduga Jadi Dalang Teror Surat Berisi Racun Risin Yang Dikirim Ke Gedung Putih
Surat berisi racun risin yang ditujukan ke Presiden Donald Trump/Net
rmol news logo Seorang wanita asal Kanada yang diduga menjadi dalang surat berisi racun risin yang dikirimkan kepada Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Pascale Cecile Veronique Ferrier, wanita asal Quebec berusia 53 tahun tersebut didakwa karena membuat ancaman kepada Presiden AS dalam sidang pengadilan pertamanya di Buffalo, New York pada Selasa (22/9). 

Dilaporkan Reuters, Ferrier ditangkap pada Minggu (20/9) di perbatasan Kanada-AS antara Buffalo dan Fort Erie, Ontario. Ia ditemukan bersama dengan pistol dan pisau.

Berdasarkan dokumen pengadilan, Ferrier tidak menjadi tersangka dalam kasus amplot yang dialamatkan ke Gedung Putih pada Jumat (18/9). Amplop tersebut berhasil dicegat menuju Trump di fasilitas penyortiran.

Insiden tersebut membuat Layanan Pos AS menghubungi FBI.

FBI mengungkap, selain racun risin, di dalam amplop tersebut juga terdapat surat yang ditujukan kepada Trump.

"Saya menemukan nama baru untuk Anda: "Badut Tiran Jelek". Saya harap Anda menyukainya. Anda menghancurkan AS dan membawa mereka pada bencana," demikian isi surat tersebut.

Dari pernyataan tertulis FBI, tersangka memiliki rencana lain jika amplop tersebut tidak berhasil sampai ke tangan Trump, salah satunya kemungkinan menggunakan racun lain atau pistol.

Selain Trump, Ferrier juga diduga mengirim enam surat yang juga berisi racun risin ke individu lain yang bekerja di penjara atau pusat penahanan tempat ia pernah ditahan pada 2016.

Seorang pengacara distrik Hidalgo County, Ricardo Rodriguez Jr. mengatakan, Ferrier pernah ditangkap selama perhentian lalu lintas atas tuduhan senjata dan pelanggaran pencatatan sebelum diserahkan ke pejabat imigrasi AS dan dideportasi.

Rodriguez mengatakan dia ingat Ferrier berada di Texas untuk memprotes pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

Berbicara kepada Ferrier melalui penerjemah bahasa Prancis selama persidangannya, Hakim AS H. Kenneth Schroeder Jr. mengajukan pembelaan tidak bersalah atas namanya dan menugaskan seorang pembela umum untuk mewakilinya.

Pembela mengatakan Ferrier akan menggunakan haknya untuk menggugat identitasnya sebagai orang yang disebutkan dalam pengaduan pidana dan surat perintah penangkapan.

Schroeder memerintahkan dia untuk tetap ditahan menunggu sidang pengadilan berikutnya, yang ditetapkan pada Senin (28/9).

Risin adalah zat alami yang diekstrak dari biji jarak, dapat dijadikan senjata untuk membuatnya sangat beracun sehingga paparan dalam jumlah sekecil kepala peniti dapat menyebabkan kematian dalam beberapa hari.

Sejauh ini, belum ada obat penawar dari racun risin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA