Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China: Sudah Cukup! AS Telah Menciptakan Banyak Masalah Bagi Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 25 September 2020, 09:19 WIB
China: Sudah Cukup! AS Telah Menciptakan Banyak Masalah Bagi Dunia
Miniatur bendera China dan Amerika Serikat/Net
rmol news logo Serangkaian pertemuan tingkat tinggi Sidang Majelis Umum PBB diwarnai oleh pertikaian antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Dalam pertemuan virtual Dewan Keamanan PBB yang digelar pada Kamis (24/9) mengenai pemerintahan global, Dutabesar China Zhang Jun dan Dutabesar AS Kelly Craft saling bertukar kata-kata pedas.

Melalui pidatonya, Zhang menyoroti penyataan Presiden AS Donald Trump yang menyalahkan China atas pandemi Covid-19. Menurutnya, AS hanya ingin menutupi kesalahannya semata.

"Saya harus mengatakan, sudah cukup! Anda telah menciptakan cukup banyak masalah bagi dunia," ujar Zhang, seperti dikutip AFP.

"AS memiliki hampir tujuh juta kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 200 ribu kematian saat ini. Dengan teknologi dan sistem medis paling canggih di dunia, mengapa AS ternyata memiliki kasus dan kematian yang paling banyak dikonfirmasi? Jika seseorang harus dimintai pertanggungjawaban, itu pasti beberapa politisi AS sendiri," sambungnya.

Menggunakan frasa yang sering diungkapkan oleh para pemimpin AS ke China, Zhang  mengatakan AS harus memahami bahwa kekuatan besar harus berperilaku seperti kekuatan besar.

Lebih lanjut, ia juga menyebut AS benar-benar terisolasi. Di mana pernyataan tersebut didukung dengan antusiasme timpalannya dari Rusia.

Sementara itu, Craft dalam sesi pertama menyampaikan kemarahannya pada pernyataan Zhang dan mengaku muak dengan pertemuan tersebut.

"Anda tahu, malu pada kalian masing-masing. Saya heran dan saya muak dengan isi diskusi hari ini," kata Craft.

"Saya sebenarnya sangat malu dengan Dewan ini. Anggota Dewan yang mengambil kesempatan ini untuk fokus pada dendam politik daripada masalah kritis yang ada. Ya ampun," tekannya.

Dalam pidatonya pada Selasa (22/9), Trump mengatakan China harus bertanggung jawab atas pandemi Covid-19 karena menyebarkan virus corona baru. Trump juga menggunakan sebutan virus China untuk virus corona yang memantik api perselisihan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA