Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meksiko Tak Benarkan Adanya Praktik Sterilisasi Paksa Terhadap Migran Perempuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 25 September 2020, 11:32 WIB
Meksiko Tak Benarkan Adanya Praktik Sterilisasi Paksa Terhadap Migran Perempuan
Para migran dari Meksiko/Net
rmol news logo Pemerintah Meksiko menolak adanya dugaan sterilisasi paksa pada warganya yang merupakan migran perempuan di fasilitas penahanan migran di Amerika Serikat (AS).

Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard pada Kamis (24/9) mengatakan, pemerintah tidak menemukan bukti adanya sterilisasi paksa.

Dimuat Reuters, Ebrard mengatakan, sebanyak 20 dari 24 perempuan Meksiko yang ditahan di pusat penahanan negara bagian Georgia dan Texas telah diwawancarai dan tidak ada satu pun dari mereka yang pernah menjalani prosedur sterilisasi paksa.

Meski begitu, ia menuturkan, penyelidikan masih berlangsung karena ada banyak perempuan yang harus diwawancarai.

Sebelumnya, pada awal September, pejabat imigrasi AS mengatakan, pengawas federal akan menyelidiki pengaduan yang dibuat oleh seorang perawat whistleblower di dasilitas penahanan imigrasi Georgia.

Perawat tersebut menyebut, tahanan telah menerima histerektomi atau operasi pengangkatan rahim dan prosedur ginekologi lainnya secara tidak benar.

Kemudian awal pekan ini, pejabat Meksiko mengatakan, setidaknya ada enam perempuan yang kemungkinan telah menjalani prosedur medis tidak tepat, termasuk histerektomi.

Ebrard pada saat itu menggambarkan potensi penyalahgunaan seperti itu sebagai "tidak dapat diterima" dan mengatakan bahwa jika prosedurnya dikonfirmasi, tindakan harus diambil, tanpa memberikan rincian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA