Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gubernur Gavin Newsom: 2035 Tidak Akan Ada Lagi Mobil Bertenaga Bensin Melaju Di Jalanan California

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 25 September 2020, 16:56 WIB
Gubernur Gavin Newsom: 2035 Tidak Akan Ada Lagi Mobil Bertenaga Bensin Melaju Di Jalanan California
Gubernur California Gavin Newsom /Net
rmol news logo Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan bahwa negara bagian akan melarang penjualan kendaraan mesin pembakaran internal (ICE) baru mulai tahun 2035, dengan mengatakan bahwa semua mobil baru yang dijual sejak saat itu akan bebas emisi.

Pada 23 September, Newsom, gubernur negara bagian ke-40 itu, menandatangani perintah eksekutif yang menyatakan bahwa pada 2035 semua penjualan kendaraan penumpang bertenaga bensin akan dilarang.

Newsom juga mengadakan konferensi pers di depan deretan kendaraan listrik dari berbagai pabrikan, termasuk Audi dan Tesla, sebelum melanjutkan untuk menandatangani pesanan di kap mesin mobil listrik Ford Mustang Mach-E.

Merinci rencana tersebut di Twitter, Newsom mengatakan bahwa dibutuhkan tindakan berani untuk menggagalkan krisis iklim, dan negara bagian akan menghentikan mesin pembakaran internal secara bertahap.

Menurutnya, transportasi bertanggung jawab atas 50 persen emisi gas rumah kaca negara bagian itu, 80 persen polusi pembentuk kabut asap, dan 95 persen emisi diesel beracunnya.

Newsom, yang telah menjabat sejak 2019, mengatakan California akan memimpin bangsa dengan bergabung bersama 15 negara lain yang telah berkomitmen untuk mengeluarkan mobil bertenaga bensin dari jalan raya.

"Kami akan menggunakan kekuatan pasar kami untuk mendorong inovasi kendaraan tanpa emisi dan menurunkan biaya untuk semua orang," kata Newsom, seperti dikutip dari Caradvice, Jumat (25/9).

California, yang berpenduduk hampir 40 juta orang, sudah menyumbang sebagian besar kendaraan listrik baru yang dijual di Amerika Serikat. Gubernur Newsom memperkirakan sudah ada sekitar 726 ribu mobil listrik yang mengaspal di jalanan California.

Rencana Newsom itu juga terkait dengan berbagai bencana kebakaran hutan yang kerap melanda California.

Beberapa bagian California saat ini memang tengah mengalami kebakaran hutan di luar kendali, yang telah memusnahkan 3,6 juta hektar tanah dan merenggut 26 nyawa sejak awal 2020.

"Mobil seharusnya tidak membuat anak-anak kita asma. Memperparah kebakaran hutan. Mencairkan gletser. Atau menaikkan permukaan laut," cuit Newsom.

Pemerintah lain yang baru-baru ini membuat komitmen untuk mempromosikan kendaraan bebas emisi termasuk Inggris, yang baru-baru ini mengajukan larangan yang direncanakan pada mobil ICE dari tahun 2035 hingga 2030, dan China, yang sedang mempertimbangkan target yang lebih ketat untuk penjualan mobil listrik pada tahun 2035.

Secara lokal, pemerintah Australia baru-baru ini menyisihkan 74,5 juta dolar AS untuk penggunaan kendaraan bebas emisi di seluruh bisnis dan komunitas Australia.

Sebagai bagian dari Dana Bahan Bakar Masa Depan, hibah pemerintah akan membantu bisnis dalam menerapkan infrastruktur pengisian cepat atau menambahkan mobil listrik ke armada komersial mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA