Gubernur Gavin Newsom: 2035 Tidak Akan Ada Lagi Mobil Bertenaga Bensin Melaju Di Jalanan California

Gubernur California Gavin Newsom /Net

Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan bahwa negara bagian akan melarang penjualan kendaraan mesin pembakaran internal (ICE) baru mulai tahun 2035, dengan mengatakan bahwa semua mobil baru yang dijual sejak saat itu akan bebas emisi.

Pada 23 September, Newsom, gubernur negara bagian ke-40 itu, menandatangani perintah eksekutif yang menyatakan bahwa pada 2035 semua penjualan kendaraan penumpang bertenaga bensin akan dilarang.

Newsom juga mengadakan konferensi pers di depan deretan kendaraan listrik dari berbagai pabrikan, termasuk Audi dan Tesla, sebelum melanjutkan untuk menandatangani pesanan di kap mesin mobil listrik Ford Mustang Mach-E.

Merinci rencana tersebut di Twitter, Newsom mengatakan bahwa dibutuhkan tindakan berani untuk menggagalkan krisis iklim, dan negara bagian akan menghentikan mesin pembakaran internal secara bertahap.

Menurutnya, transportasi bertanggung jawab atas 50 persen emisi gas rumah kaca negara bagian itu, 80 persen polusi pembentuk kabut asap, dan 95 persen emisi diesel beracunnya.

Newsom, yang telah menjabat sejak 2019, mengatakan California akan memimpin bangsa dengan bergabung bersama 15 negara lain yang telah berkomitmen untuk mengeluarkan mobil bertenaga bensin dari jalan raya.

"Kami akan menggunakan kekuatan pasar kami untuk mendorong inovasi kendaraan tanpa emisi dan menurunkan biaya untuk semua orang," kata Newsom, seperti dikutip dari Caradvice, Jumat (25/9).

California, yang berpenduduk hampir 40 juta orang, sudah menyumbang sebagian besar kendaraan listrik baru yang dijual di Amerika Serikat. Gubernur Newsom memperkirakan sudah ada sekitar 726 ribu mobil listrik yang mengaspal di jalanan California.

Rencana Newsom itu juga terkait dengan berbagai bencana kebakaran hutan yang kerap melanda California.

Beberapa bagian California saat ini memang tengah mengalami kebakaran hutan di luar kendali, yang telah memusnahkan 3,6 juta hektar tanah dan merenggut 26 nyawa sejak awal 2020.

"Mobil seharusnya tidak membuat anak-anak kita asma. Memperparah kebakaran hutan. Mencairkan gletser. Atau menaikkan permukaan laut," cuit Newsom.

Pemerintah lain yang baru-baru ini membuat komitmen untuk mempromosikan kendaraan bebas emisi termasuk Inggris, yang baru-baru ini mengajukan larangan yang direncanakan pada mobil ICE dari tahun 2035 hingga 2030, dan China, yang sedang mempertimbangkan target yang lebih ketat untuk penjualan mobil listrik pada tahun 2035.

Secara lokal, pemerintah Australia baru-baru ini menyisihkan 74,5 juta dolar AS untuk penggunaan kendaraan bebas emisi di seluruh bisnis dan komunitas Australia.

Sebagai bagian dari Dana Bahan Bakar Masa Depan, hibah pemerintah akan membantu bisnis dalam menerapkan infrastruktur pengisian cepat atau menambahkan mobil listrik ke armada komersial mereka.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Sosok Mayat Mengapung di Sungai Gegerkan Warga Grobogan

Minggu, 22 November 2020
Video

Laporkan Rektor ke KPK, Frans Josua Napitu Dirumahkan oleh UNNES

Senin, 23 November 2020
Video

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang

Senin, 23 November 2020

Artikel Lainnya

PM Muhyiddin: Malaysia Jadi Salah Satu Negara Prioritas China Untuk Pengiriman Vaksin Covid-19
Dunia

PM Muhyiddin: Malaysia Jadi ..

26 November 2020 17:44
Keluarga Kerajaan Swedia Diserang Virus Corona, Pangeran Carl Philip dan Istri Positif Covid-19
Dunia

Keluarga Kerajaan Swedia Dis..

26 November 2020 17:25
Konflik Tigray, PM Abiy Ahmed: Gerbang Perdamaian Untuk TPLF Telah Ditutup Rapat
Dunia

Konflik Tigray, PM Abiy Ahme..

26 November 2020 17:06
Australia Pecat 10 Tentara Atas Laporan Pembunuhan Ilegal Di Afganistan
Dunia

Australia Pecat 10 Tentara A..

26 November 2020 16:42
Tiba Di Korsel, Menlu China Bahas Hubungan Kedua Negara Hingga Nuklir
Dunia

Tiba Di Korsel, Menlu China ..

26 November 2020 15:50
Pandemi Belum Reda, Jerman Perpanjang Pembatasan Covid-19 Hingga Awal Januari 2021
Dunia

Pandemi Belum Reda, Jerman P..

26 November 2020 15:36
WHO Peringatkan Bahaya 'Infodemik' Yang Disebar Ahli Teori Konspirasi
Dunia

WHO Peringatkan Bahaya 'Info..

26 November 2020 15:25
Siap Masuk Brasil, Perusahaan Vaksin Pfizer Sudah Kirim Hasil Tes
Dunia

Siap Masuk Brasil, Perusahaa..

26 November 2020 14:41