Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kecelakaan Pesawat Ukraina, 22 Orang Tewas Setelah Pesawat Militer Jatuh Dan Terbakar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 September 2020, 11:49 WIB
Kecelakaan Pesawat Ukraina, 22 Orang Tewas Setelah Pesawat Militer Jatuh Dan Terbakar
Dalam tayangan TV yang dirilis oleh Kementerian Situasi Darurat Ukraina, sebuah pesawat militer AN-26 terbakar setelah jatuh di kota Chuhuyiv, Ukraina, 25 September 2020/Net
rmol news logo Sedikitnya 22 orang termasuk taruna militer tewas dan dua lainnya luka parah pada Jumat (25/9) ketika sebuah pesawat angkatan udara Ukraina jatuh di dekat Kharkiv di timur negara itu. Empat orang lainnya masih belum ditemukan.

Wakil Menteri Dalam Negeri Anton Gerashchenko mengonfirmasi jumlah korban tewas kepada, menggambarkan insiden itu sebagai yang tragedi 'mengejutkan'. Ia mendesak agar penyebab kecelakaan itu segera diselidiki.
 
Rekaman kecelakaan yang dirilis oleh para pejabat di media sosial menunjukkan sisa-sisa pesawat angkut Antonov-26 yang terbakar.

"Sebagian besar [yang tewas] adalah mahasiswa dari Universitas Angkatan Udara Nasional Kharkiv," ujar pernyataan otoritas angkatan udara, menambahkan keterangan bahwa ada 27 orang di dalam pesawat nahas itu, 20 taruna dan tujuh awak.

Dua puluh dua orang telah dipastikan tewas, dua lainnya luka-luka dan pencarian terhadap beberapa yang masih hilang.

Dua yang terluka berada dalam kondisi kritis, menurut gubernur daerah Oleksiy Kucher yang ditulisnya dalam akun Facebook.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menggambarkan kecelakaan itu sebagai "tragedi mengerikan" dan mengatakan dia akan melakukan perjalanan ke wilayah Kharkiv pada hari Sabtu.

"Kami segera membentuk komisi untuk menyelidiki semua keadaan dan penyebab tragedi itu," tulisnya di Facebook.

Layanan darurat mengkonfirmasi, pesawat itu jatuh sekitar pukul 20:50 waktu setempat (17:50 GMT), dua kilometer (1,2 mil) dari pangkalan udara militer Chuhuiv.

Dalam foto yang dirilis, petugas pemadam kebakaran dengan helm dan pakaian reflektif menyemprot puing-puing pesawat dengan semburan air.

Tubuh pesawat terbakar saat mendarat dan petugas pemadam kebakaran baru mampu memadamkan api setelah satu jam.

Kota Chuhuiv terletak sekitar 30 kilometer tenggara Kharkiv dan 100 kilometer barat garis depan tempat pasukan pemerintah memerangi separatis pro-Rusia.

Kepresidenan mengatakan bahwa menurut informasi awal, pesawat angkut itu jatuh selama penerbangan pelatihan.

Diplomat utama Uni Eropa Josep Borrell menyampaikan belasungkawa.

"Pikiranku tertuju pada keluarga dan teman dari mereka yang kehilangan nyawanya," katanya dalam tweet.

Beberapa pesawat militer telah jatuh di Ukraina selama penerbangan pelatihan dalam beberapa tahun terakhir, katanya.

Seorang pilot tewas pada Desember 2018 setelah pesawat tempur Su-27 miliknya jatuh saat mendarat di wilayah Zhytomyr.

Dua bulan sebelumnya, model pesawat tempur yang sama jatuh di wilayah tetangga selama latihan militer gabungan Clear Sky 2018 antara Ukraina dan negara-negara NATO, menewaskan pilot Amerika dan Ukraina di dalamnya.

Pada tahun 2002, sebuah Su-27 jatuh ke kerumunan di sebuah pertunjukan udara di Lviv di Ukraina barat yang menewaskan 77 orang dan melukai 165 lainnya.

Antonov-26 adalah pesawat angkut ringan yang dirancang di Ukraina selama era Soviet.

Panjangnya 24 meter dan memiliki lebar sayap 29 meter dan dapat terbang dengan kecepatan jelajah 440 kilometer per jam.

Pada tahun 2014, penerbangan Malaysian Airlines MH17 jatuh dan menewaskan 298 orang di wilayah timur Ukraina yang dikendalikan oleh separatis pro-Rusia.

Namun, ketika itu Moskow membantah temuan penyelidik internasional bahwa rudal BUK Rusia mengenai penerbangan Malaysian Airlines. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA