Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Kesehatan Victoria Mengundurkan Diri Setelah PM Andrews Menuduhnya Terlibat Dalam Program Karantina Hotel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 September 2020, 12:21 WIB
Menteri Kesehatan Victoria Mengundurkan Diri Setelah PM Andrews Menuduhnya Terlibat Dalam Program Karantina Hotel
Menteri Kesehatan Victoria Jenny Mikakos/Net
rmol news logo Menteri Kesehatan Victoria, Jenny Mikakos, mengundurkan diri setelah Perdana Menteri Daniel Andrews mengeluarkan pernyataan bahwa dia harus bertanggung jawab atas penyelidikan program karantina hotel.

Perdana Menteri Daniel Andrews kemarin mengatakan kepada penyelidikan bahwa Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (DHHS) adalah badan pengawas yang ditunjuk yang terutama bertanggung jawab atas program tersebut, di mana Mikakos adalah pemimpinnya.

Dalam pernyataan yang diposting ke media sosial, Mikakos mengatakan dia telah menulis surat kepada Gubernur Victoria untuk mengundurkan diri sebagai menteri, dan juga akan mengundurkan diri dari Parlemen.

Namun, dia menegaskan ketidaksetujuannya atas pernyataan Andrews.

"Sesungguhnya saya tidak pernah ingin meninggalkan pekerjaan yang belum selesai," katanya, mengutip ABC, Sabtu (26/9).

"Tapi mengingat pernyataan Perdana Menteri kepada dewan penyelidikan dan fakta bahwa ada elemen di dalamnya yang sangat tidak saya setujui, saya yakin saya tidak dapat terus bertugas di Kabinet ini."

Andrews mengatakan dalam pemeriksaan pada hari Jumat bahwa Mikakos bertanggung jawab terhadap program karantina hotel yang kacau, yang mengiring Victoria kepada gelombang kedua wabah Covid-19, sehingga lebih dari 750 orang meninggal, dan lockdown ketat yang di Melbourne sudah enam bulan.

Mikakos mengatakan dia bertanggung jawab atas departemennya, program karantina hotel bukan tanggung jawabnya sendiri.

"Saya sangat menyesal atas situasi yang dihadapi warga Victoria," katanya.

"Dalam hati nurani yang baik, saya tidak percaya bahwa tindakan saya mengarah pada mereka."

Dalam pernyataan pengunduran dirinya itu, Mikakos juga mengatakan, "Dengan melihat ke belakang, ada masalah yang harus diberitahukan departemen kepada saya. Apakah mereka akan mengubah jalannya peristiwa, hanya dewan [penyelidikan karantina hotel] dan sejarah yang dapat menentukan," katanya.

Mikakos Menyampaikan dia tidak pernah diajak berkonsultasi tentang pembentukan program, dan mengatakan dia hanya mengetahui penjaga keamanan swasta digunakan dalam program tersebut pada akhir Mei.

Andrews mengatakan menteri kesehatan bertanggung jawab atas program yang bernama Operasi Soteria, meskipun kesaksian Mikakos sehari sebelumnya mengatakan ada "pembagian tanggung jawab" antara departemennya dengan Departemen Tenaga Kerja, Wilayan dan Regional yang mengontrak hotel dan perusahaan keamanan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA