Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hancurkan Kepercayaan Eropa, Trump Dan Utusannya Hanya Pikirkan Kepentingan Pribadi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 September 2020, 14:43 WIB
Hancurkan Kepercayaan Eropa, Trump Dan Utusannya Hanya Pikirkan Kepentingan Pribadi
Presiden Donald Trump/Net
rmol news logo   Mantan anggota parlemen Belanda dan direktur liputan dunia di Stanford Cyber ​​Policy Center, Marietje Schaake, menyoroti pertemuan yang dilakukan di Kedutaan AS untuk Belanda yang diklaim sebagai pertemuan penggalangan dana. 

Awal pekan lalu, Duta Besar AS untuk Belanda, Pete Hoekstra, mengadakan acara di kedutaannya untuk Forum Demokrasi (FvD), sebuah acara sayap kanan, anti-imigrasi dan anti-UE yang mendapatkan pengakuan di negara tersebut. Jurnal Belanda De Groene Amsterdammer, yang pertama kali melaporkan pada kesempatan tersebut, menggambarkannya sebagai penggalangan dana untuk acara tersebut.

Namun, seorang juru bicara divisi negara bagian AS memberi tahu media bahwa acara itu bukanlah penggalangan dana, melainkan acara "diskusi balai kota dan sesi tanya jawab" dengan FvD.

Mereka menambahkan bahwa selama bertugas di Belanda, Hoekstra telah menjadi tuan rumah bagi “15 balai kota dengan delapan pesta berbeda,” menunjukkan bahwa acara dengan FvD ini tidak biasa.

Menurut Marietje Schaake acara itu nampak sebagai dukungan politik.

“Menjadi tuan rumah acara partai politik, penggalangan dana atau tidak, Anda bisa melihatnya sebagai dukungan politik dari Amerika Serikat untuk sudut pandang tertentu. Biasanya, diplomasi adalah tentang interaksi antar pemerintah, tidak mempromosikan sudut pandang tertentu dan memberikan kesan memiliki sekutu politik,” kata Marietje Schaake, seperti dikutip dari CNN, Sabtu (16/9).

"Pemerintahan Trump telah menunjukkan berkali-kali bahwa sekutunya adalah Euroskeptik seperti [Nigel] Farage dan FvD, bukan pemerintah saat itu," tambah Schaake.

Hoekstra hanyalah salah satu dari duta besar yang memecah belah yang ditunjuk di Eropa oleh Trump yang tampaknya mengikis hubungan trans-Atlantik, membuat marah tuan rumah mereka dan mewakili pengejaran pribadi Trump di Eropa.

Mantan pejabat Departemen Luar Negeri AS di Biro Urusan Eropa dan Eurasia, mengatakan bahwa Eropa secara tradisional menjadi tempat tujuan politik.

"Tetapi biasanya dipahami bahwa mereka mewakili pemerintah AS," kata Tyson Barker. "Apa yang kami lihat sejak 2016 adalah orang-orang yang mewakili Trump dan kepentingan pribadinya, bukan AS."

CNN baru-baru ini melaporkan bahwa Woody Johnson, Duta Besar AS untuk Inggris, sedang diselidiki setelah tuduhan bahwa dia menggunakan tempatnya sebagai serambi untuk acara golf British Open yang akan diadakan pada salah satu program golf Trump.

Ditanya tentang tuduhan tertentu, Johnson tidak menyangkalnya. Menurutnya itu adalah "kehormatan seumur hidup" untuk berfungsi sebagai duta besar.

Setelah publikasi laporan CNN, Johnson menuliskan cuitannya, "Saya telah mengikuti aturan etika dan persyaratan kantor saya setiap saat. Trump menyatakan dia "tidak pernah berbicara dengan Woody Johnson tentang melakukan itu."

Johnson juga terbuka dalam bantuannya terhadap Brexit, menunjukkan itu memberikan kemungkinan bagi Inggris dan AS untuk berkembang lebih dekat, mengklaim ini dapat memperkuat tangan Inggris ketika menghadapi UE.

Contoh ini juga terlihat di Jerman, tempat mantan Duta Besar Richard Grenell mengarungi wilayah yang secara historis dijauhi oleh para diplomat.

Di bawah kepresidenan Trump, AS juga telah memperkuat hubungannya dengan negara-negara UE yang biasanya dianggap sebagai negara anggota yang nakal, mengancam persatuan blok tersebut.

Terutama, Trump memuji Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban selama perjalanannya ke Gedung Putih selama 12 bulan terakhir. Orban “telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam banyak cara berbeda. Sangat dihormati, dihormati di seluruh Eropa. Mungkin, seperti saya, sedikit kontroversial, tapi tidak apa-apa,” kata Trump saat itu.

Di mata banyak orang di Eropa, duta besar yang ditunjuk untuk negara-negara utama oleh Trump sesuai dengan perubahan yang lebih besar dalam hubungan UE-AS.

"Trump dan diplomatnya telah memberikan kesan bahwa mereka ingin menghukum UE karena alasan tertentu," kata seorang diplomat Jerman kepada CNN. “Ada perdebatan internal yang besar mengenai apakah kita dapat berkolaborasi dengan AS lagi, bahkan jika [Joe] Biden menang, karena mereka terlalu tidak dapat diandalkan.”

Barker mendefinisikan bahwa pandangan baru AS ini telah mengubah jenis hubungan yang sekarang dibutuhkan orang Eropa dari kemitraan transatlantik.
“Transisi dari Bush ke Obama ke Trump telah memperkuat pandangan Eropa bahwa Amerika dapat berputar secara dramatis setiap delapan tahun. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda melindungi dari ini ketika Anda tahu bahwa Presiden berikutnya adalah Kid Rock?”

Pejabat Uni Eropa menyatakan bahwa orang-orang yang berpikiran tenang di Brussel sudah berusaha menjawab pertanyaan itu.

“Sejak kami tahu Trump akan menjadi Presiden, kami mulai melihatnya sebagai peluang untuk lebih mandiri di bidang tertentu seperti pertahanan dan geopolitik. Anda sudah dapat melihat bagaimana kami mengambil pendekatan yang sangat berbeda ke China, Rusia, dan Iran daripada AS. "

Tidak ada yang mengatakan bahwa UE sedang mencari cara untuk keluar dari AS, tetapi banyak yang merasa sekarang bukan saat yang buruk bagi Eropa untuk mulai memikirkan lebih banyak tentang dirinya dan tempatnya di dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA