Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbang Ramah Lingkungan, ZeroAvia Sukses Uji Coba Pesawat Komersial Dengan Bahan Bakar Hidrogen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 27 September 2020, 10:59 WIB
Terbang Ramah Lingkungan, ZeroAvia Sukses Uji Coba Pesawat Komersial Dengan Bahan Bakar Hidrogen
Pesawat yang terbang dengan BBH/Net
rmol news logo Perusahaan pesawat terbang kecil, ZeroAvia membuat terobosan baru dengan melakukan penerbangan penumpang komersial pertama yang ditenagai oleh sel bahan bakar hidrogen (BBH).

Penerbangan pertama dengan BBH dilakukan oleh pesawat enam kursi kelas Piper yang dimodifikasi di fasilitas penelitian dan pengembangan ZeroAvia di Cranfield, Inggris.

Dimuat UPI pada Sabtu (26/9), uji terbang dilakukan pada Rabu (23/9), di mana pesawat berhasil menyelesaikan sirkuit pola penuh, mendarat dan meluncur tanpa bantuan bahan bakar fosil.

"Sulit untuk menjelaskan apa artinya ini bagi tim kami, tetapi juga bagi semua orang yang tertarik dengan penerbangan tanpa emisi," ujar CEO ZeroAvia, Val Miftakhov dalam sebuah pernyataan.

Miftakhov melanjutkan, uji coba tersebut membuktikan bahwa pesawat penumpang komersial dapat melakukan penerbangan tanpa emisi.

"Sementara beberapa pesawat eksperimental telah terbang menggunakan BBH sebagai sumber tenaga, ukuran pesawat yang tersedia secara komersial ini menunjukkan bahwa penumpang yang membayar dapat segera menaiki penerbangan yang benar-benar tanpa emisi," urainya.

ZeroAvia mengungkap, pihaknya akan terus mengembangkan pesawat BBH, di mana uji coba sejauh 250 mil ke sebuah lapangan terbang di Orkney, Skotlandia, dari Inggris akan dilakukan pada akhir 2020.

Perusahaan tersebut mengatakan perjalanan tersebut akan setara dengan menyelesaikan rute perjalanan pendek populer seperti dari Los Angeles ke San Francisco atau London ke Edinburgh, Skotlandia.

"Penerbangan adalah sarang inovasi dan teknologi fantastis. ZeroAvia membawa kita semua selangkah lebih dekat ke masa depan yang berkelanjutan untuk perjalanan udara," kata Menteri Pengiriman dan Penerbangan Inggris, Robert Courts.

"Melalui kemitraan terobosan Jet Zero kami, kami bekerja keras dengan industri untuk mendorong inovasi dalam penerbangan tanpa karbon, dan kami berharap dapat melihat sektor ini berkembang dari kekuatan ke kekuatan," sambungnya.

Keberhasilan ZeroAvia tersebut membuat pemerintah Inggris memberikan pendanaan untuk mengembangkan pesawat tanpa emisi tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA