Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukungan Untuk Oposisi Naik Jelang Pemilu, PM Jacinda Ardern Tetap Dipastikan Menang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 27 September 2020, 15:04 WIB
Dukungan Untuk Oposisi Naik Jelang Pemilu, PM Jacinda Ardern Tetap Dipastikan Menang
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern/Net
rmol news logo Selandia Baru bersiap menghadapi pemilihan umum bulan depan dan petahana, Perdana Menteri Jacinda Ardern dipastikan akan mempertahankan kekuasaannya untuk masa jabatan kedua.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Newshub-Reid Research yang dirilis pada Minggu (27/9) menunjukkan terjadi penurunan dukungan terhadap Ardern dan peningkatan untuk lawannya.

Meski begitu, selisih antara Partai Buruh dan lawannya Partai Nasional masih jauh sehingga Ardern masih dipastikan memenangkan pemilihan.

Dimuat Reuters, Partai Buruh saat ini memiliki 50,1 persen suara, turun dari rekor 60,9 persen pada awal tahun. Penurunan tersebut terjadi di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Selandia Baru.

Sementara itu, Partai Nasional yang menjadi oposisi utama memiliki kenaikan dukungan hingga 4,5 persentase hingga menjadi 29,6 persen.

Jika hasil pemungutan suara tidak jauh dari jajak pendapat, maka Ardern masih dapat memerintah tanpa melakukan koalisi.

Sejauh ini, Selandia Baru sudah mencatatkan bebas Covid-19 selama 102 hari, sebelum muncul gelombang kedua yang menghantam Auckland pada bulan lalu.

Ardern yang berusia 40 tahun menjadi pemimpin termuda Selandia Baru dalam lebih dari 150 tahun. Ia memimpin pada 2017 setelah Partai Pertama Selandia Baru yang merupakan raja nasionalis setuju untuk membentuk pemerintahan dengan Partai Buruhnya, mengakhiri dekade kekuasaan Partai Nasional.

Selain di dalam negeri, Ardern juga memiliki daya tarik global yang besar karena tanggapannya terhadap serangan terhadap dua masjid tahun lalu, letusan gunung berapi yang fatal, dan keberhasilannya dengan wabah Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA