Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Singgung Utang Farmasi Turki, Menkes Koca: Skema Pembayaran Sedang Diurus, Sayangnya Sudah Keluar Pernyataan Itu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 28 September 2020, 08:20 WIB
AS Singgung Utang Farmasi Turki, Menkes Koca: Skema Pembayaran Sedang Diurus, Sayangnya Sudah Keluar Pernyataan Itu
Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca/Net
rmol news logo Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengkritik ucapan Duta Besar AS untuk Turki, David Satterfield, tentang utang farmasi Ankara kepada perusahaan farmasi Amerika.

Fahrettin Koca menanggapi komentar Satterfield yang dianggap merugikan Turki.

Sebelumnya, pada Rabu (23/9) Satterfield mengatakan bahwa perusahaan farmasi Amerika dapat meninggalkan Turki jika Ankara tidak membayar utangnya.

“Perusahaan akan mempertimbangkan untuk meninggalkan pasar Turki atau akan mengurangi eksposur ke pasar Turki,” kata Satterfield, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Minggu (27/9).

Koca mengatakan kepada wartawan di provinsi Laut Hitam Samsun bahwa rumah sakit dan kementerian universitas sedang bekerja untuk memecahkan masalah pembayaran lama terkait dengan obat-obatan dan persediaan medis.

“Sedang membuat rencana pembayaran dengan penjadwalan utang sampai hari ini. Pembicaraan tentang ini juga sudah dimulai. Saya ingin sampaikan tidak ada masalah dengan pengobatan secara umum, dan pembicaraan tentang perbekalan juga sudah dimulai,” ujarnya seraya menekankan bahwa Turki sedang berdiskusi dengan perusahaan tentang proses tersebut.

“Selama periode ini, ketika perusahaan terkait sedang melakukan negosiasi, ketika rencana pembayaran sedang diminta, pernyataan duta besar dengan cara ini sangat disayangkan,” katanya.

“Ini mengingatkan saya pada pendekatan di negara kolonial. Saya ingin mengingatkan bahwa mereka harus tahu bahwa Turki tidak seperti sebelumnya." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA