Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Srilanka Pulangkan 21 Kontainer Limbah Medis Berbahaya Ke Inggris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 28 September 2020, 10:15 WIB
Srilanka Pulangkan 21 Kontainer Limbah Medis Berbahaya Ke Inggris
Kontainer sampah/Net
rmol news logo Limbah medis menjadi persoalan baru di tengah krisis kesehatan yang melanda dunia akibat pandemi Covid-19. Hal itu dibuktikan dengan munculnya kiriman ilegal limbah medis ke negara-negara berkembang.

Srilanka dilaporkan telah mengembalikan 21 kontainer penuh dengan limbah medis ke Inggris pada Sabtu (26/8).

Dimuat Daily Mail, pemerintah Srilanka telah menyatakan protes atas pengiriman limbah berbahaya itu karena melanggar hukum internasional.

Jurubicara bea cukai India, Sunil Jayaratne mengungkap, pengirim telah setuju untuk mengambil kembali 21 kontainer tersebut.

"Kami sedang bekerja untuk mendapatkan kompensasi dari mereka yang bertanggung jawab memasukkan kontainer ke India," sambungnya.

Menurut pejabat, kontainer yang diimpor secara ilegal itu berisi kain lap, perban, dan bagian tubuh dari kamar mayat.

Belum terungkap jenis limbah rumah sakit yang dimasukkan, namun bea cukai telah mengkonfirmasi keberangkatan mereka.

Seharusnya, kontainer tersebut dimaksudkan untuk membawa kasur, karpet, dan permadani bekas, tetapi para pejabat mengatakan bahwa kontainer tersebut juga berisi limbah rumah sakit.

Kasus kontainer berisi limbah berbahaya bukan kali ini terjadi di Srilanka.

Tahun lalu, pemerintah India melakukan investigasi terhadap hampir 3.000 ton limbah berbahaya yang dikirim secara ilegal. Hasilnya, importir telah mengalihkan sekitar 180 ton sampah yang sama ke India dan Dubai.

Banyaknya kontainer limbah berbahaya dan tidak dapat didaur ulang membuat beberapa negara Asia tidak lagi menerima sampah dari negara maju.

Dalam beberapa tahun terakhir, insiden memulangkan kontainer sampah sudah menjadi hal umum. Misalnya pada 2018, Kamboja mengembalikan 1.600 ton limbah ke Amerika Serikat dan Kanada.

Kemudian pada tahun yang sama, Filipina mengembalikan 69 kontainer sampah ke Kanada, dan Malaysia mengembalikan lima kontainer sampah ke Spanyol.

Negara-negara maju saat ini mulai kebingungan mencari tempat pembuangan sampah, khususnya setelah China pada 2018 melarang impor limbah plastik. Itu membuat Asia Tenggara menjadi penerima pengiriman limbah, sebagian besar adalah plastik yang tidak dapat didaur ulang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA