Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaksa Prancis Buka Penyelidikan Kasus Dugaan Perkosaan Yang Libatkan Bos Agensi Elite Models Gerald Marie

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 29 September 2020, 08:00 WIB
Jaksa Prancis Buka Penyelidikan Kasus Dugaan Perkosaan Yang Libatkan Bos Agensi Elite Models Gerald Marie
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jaksa Prancis mengatakan bahwa mereka telah membuka penyelidikan terhadap dugaan kasus pemerkosaan di bawah umur kepada mantan bos Eropa dari agensi Elite Models, Gerald Marie pada Senin (28/9).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penyelidikan terhadap mantan suami supermodel Linda Evangelista itu menyusul keluhan dari mantan jurnalis BBC dan klaim pelecehan yang dilaporkan oleh tiga mantan modelnya, kata kantor kejaksaan Paris kepada AFP.

"Unit khusus perlindungan anak akan memimpin penyelidikan atas tuduhan pemerkosaan dan penyerangan seksual, serta pemerkosaan dan penyerangan seksual terhadap anak di bawah umur," kata kantor itu, seperti dikutip dari AFP, Senin (28/9).

Penyelidikan akan didasarkan pada pengaduan pidana yang diajukan oleh para perempuan yang mengaku menjadi korban penyerangan antara 1980 dan 1988. Berdasarkan undang-undang pembatasan, hal ini mungkin terlalu lama untuk dibawa ke pengadilan sekarang.

Inilah salah satu isu yang harus ditentukan oleh investigasi, yang di Prancis tidak serta merta menghasilkan persidangan.

Mantan jurnalis BBC Lisa Brinkworth mengklaim bahwa pada Oktober 1998, ketika dia menyamar sebagai model saat melakukan penyelidikan, Marie melakukan pelecehan seksual terhadapnya di klub malam, dengan mendorong alat vitalnya ke perutnya.

Saat itu dia tengah bertugas untuk menyamar di sebuah film dokumenter tentang tuduhan perilaku seksual yang tidak pantas terhadap model, banyak dari mereka di bawah umur, di agensi tertentu.

Brinkworth mengatakan dia trauma dengan peristiwa tersebut, tetapi dicegah untuk menyampaikan hal tersebut di bawah kesepakatan antara BBC dan Elite pada tahun 2001 menyusul gugatan pencemaran nama baik.

Pengacaranya berharap pembatasan atas perkataannya ini dapat menjadi dasar untuk melewati undang-undang pembatasan.

Keluhan Brinkworth disertai dengan klaim dari tiga mantan model yang diduga mengalami pemerkosaan yang dilakukan oleh Marie di Paris ketika mereka masih remaja.

Salah satu korban bernama Carre Sutton menuduhnya melakukan pemerkosaan 'tak terhitung' yang terjadi pada 1986, ketika dia berusia 17 tahun. Selain dia, ada Ebba Karlsson yang melaporkan sebuah insiden pada 1990, ketika dia berusia sekitar 20-an, dan korban ketiga Jill Dodd pada 1980, ketika dia berusia 19 tahun.

Tuduhan kejahatan ini mungkin juga di luar undang-undang pembatasan, yang membatasi jumlah waktu setelah pelanggaran yang dituduhkan bahwa proses hukum dapat diluncurkan.

AFP tidak dapat menghubungi pengacara Marie untuk memberikan komentarnya. Selama akhir pekan, mantan bos model itu dengan tegas membantah klaim laporan yang dimuat oleh The Sunday Times.

Pengacara Brinkworth, Anne-Claire Lejeune menyambut baik pengumuman yang disampaikan oleh jaksa Paris tersebut.

"Penyelidikan ini, saya harap, akan memberi keberanian kepada orang lain untuk angkat bicara. Ini langkah awal yang menggembirakan dan melegakan para korban," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA