Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Hanya Indonesia, Angka Kehamilan Di Filipina Juga Naik Di Tengah Pandemi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 29 September 2020, 12:57 WIB
Bukan Hanya Indonesia, Angka Kehamilan Di Filipina Juga Naik Di Tengah Pandemi Covid-19
Ibu hamil/Net
rmol news logo Selama aturan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19, angka kehamilan di sejumlah daerah di Indonesia naik secara signifikan.

Namun hal tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia karena Filipina juga mengalami hal yang sama.

Dana Penduduk PBB menyebut terjadi lonjakan kehamilan yang tidak diinginkan di Filipina. Bahkan lonjakan tersebut dapat mencapai hampir 50 persen jika pembatasan sosial tetap dilakukan hingga akhir tahun.

Kendati begitu, sebuah studi yang dilakukan oleh Institut Kependudukan Universitas Filipina mengungkap, angka kematian ibu juga meningkat menjadi 60 setiap bulannya. Mengingat karantina membuat lebih dari dua juta wanita sulit mengakses kebutuhan keluarga berencana.

"Angka-angka ini sendiri merupakan epidemi," ujar petugas program gender PBB di Filipina, Aimee Santos dalam sidang Senat pada Selasa (29/9), seperti dikutip The Straits Times.

Sementara itu, kepala komite kamar wanita, Senator Risa Hontiveros mengatakan, wanita dan anak-anak harus diikutsertakan dalam gugus tugas negara melawan wabah Covid-19 jika melihat kerentanan mereka.

"Masalah wanita dan anak-anak ini sebagian besar tetap tidak terlihat selama pandemi. Sudah waktunya untuk menempatkan mereka di depan dan tengah," paparnya.

Filipina yang memiliki populasi tertinggi kedua di Asia Tenggara sudah melaporkan lebih dari 307 ribu kasus Covid-19, terburuk di kawasan.

Meski begitu, kasus harian Covid-19 di Filipina dilaporkan mulai melandai dan aturan pembatasan sosial di ibukota Manila tetap diberlakukan hingga Oktober. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA