Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan Taiwan: Tidak Ada Tanda-tanda China Siapkan Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 29 September 2020, 23:55 WIB
Menhan Taiwan: Tidak Ada Tanda-tanda China Siapkan Perang
Bendera Taiwan terlihat di kapal perusak berpeluru kendali Tso Ying (DDG-1803) selama latihan militer di dekat Hualien, Taiwan tahun lalu/Reuters
rmol news logo Manuver militer China di wilayah sengketa selama beberapa waktu belakangan dididuga kuat merupakan bentuk intimiadasi bagi Taiwan, namun tidak mengarah kepada perang.

Setidaknya itu yang diyakini oleh Menteri Pertahanan Yen De-fa. Di hadapan parlemen pada Selasa (29/9), dia mengatakan bahwa tidak ada tanda-tanda bahwa China sedang mempersiapkan perang habis-habisan dengan Taiwan.

Untuk diketahui, beberapa waktu belakangan, China melakukan latihan militer di dekat pulau yang diklaim China sebagai miliknya. China bahkan menerbangkan jet tempur di atas garis tengah Selat Taiwan yang sensitif.

Taiwan pun geram dan mengecam manuver China tersebut.

"China telah melanjutkan tindakan provokasi mereka terhadap Taiwan, tetapi saat ini tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan siap untuk melancarkan perang skala penuh," kata Yen di hadapan parlemen, seperti dikabarkan Channel News Asia.

Dia menjelaskan, salah satu tanda serangan yang akan segera terjadi adalah jika pasukan dari bagian pedalaman China mulai berkumpul di sepanjang timurnya. Namun saat ini tidak ada indikasi semacam itu yang terjadi.

Meski begitu, sambung Yen, pasukan Taiwan tetap mempertahankan kesiapan tempur di masa damai dan belum meningkatkan status siaga.

Namun dia menekankan bahwa pihaknya siap bertarung sampai orang terakhir untuk mempertahankan pulau itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA