Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Dekade Hubungan China Dan Singapura, Mantapkan Kerjasama Belt And Road

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 03 Oktober 2020, 22:45 WIB
Tiga Dekade Hubungan China Dan Singapura, Mantapkan Kerjasama Belt And Road
Taman Dongdi yang baru dibuka di tepi Laut Bohai di Kota Tianjin, China utara, proyek bersama Sino-Singapura/Net
rmol news logo Pemerintah China dan Singapura memperingati 30 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Merayakan itu, Presiden China Xi Jinping dan Presiden Singapura Halimah Yacob bertukar pesan ucapan selamat, dengan memuji kerja sama bilateral kedua negara selama tiga dekade.

Xi memuji hubungan China dengan Singapura, mengatakan bahwa hubungan bilateral terus didorong berdasarkan saling pengertian dan saling mendukung.

"Selama 30 tahun terakhir, dalam menghadapi situasi internasional yang berubah, China dan Singapura telah memahami dan mendukung satu sama lain dan mengikuti waktu untuk mempromosikan perkembangan hubungan bilateral," kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (3/10).

"Kerja sama kedua negara melampaui ruang lingkup bilateral dan memainkan peran teladan di tingkat regional dan internasional," lanjutnya.

Menghadapi tantangan meluasnya Covid-19, Xi mengatakan China siap bekerja sama dengan Singapura untuk memperdalam kerja sama pragmatis di berbagai bidang di bawah kerangka bersama membangun Belt and Road.

Ia berharap China dan Singapura dapat bekerja sama untuk mempertahankan multilateralisme dan perdagangan bebas agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pengembangan hubungan bilateral serta stabilitas dan kemakmuran kawasan dan global.

Sementara itu, Halimah menyambut baik gotong royong kedua negara dalam mendorong pemulihan ekonomi dan kelancaran jalur perdagangan internasional selama wabah pandemi. Dia mengharapkan perkembangan yang lebih besar dari hubungan bilateral dalam 30 tahun ke depan.

Pada hari yang sama, Perdana Menteri China Li Keqiang juga bertukar pesan ucapan selamat dengan mitranya dari Singapura, Lee Hsien Loong. Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam urusan regional dan internasional dan siap mengupayakan hubungan bilateral yang lebih solid yang menguntungkan kedua belah pihak.

Li mengatakan China siap bekerja dengan Singapura untuk memperingati ulang tahun ke-30 sebagai kesempatan untuk mengimbangi waktu dan membuat terobosan baru, memperdalam penyelarasan strategi pembangunan mereka, dan membantu kedua negara dan kawasan mengatasi tantangan untuk merangkul yang lebih baik. prospek pengembangan.

Sementara itu, PM Lee mengatakan Singapura dan China telah menjalin hubungan yang kuat dan saling menguntungkan dan memelihara kerja sama yang baik di arena regional dan internasional.

"Singapura siap bekerja dengan China untuk mengkonsolidasikan kerangka multilateral yang mengikat dunia dan membawa hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi," kata Lee. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA