Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Turki Kembali Gelar Operasi "Pembersihan" Kurdi Di Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 Oktober 2020, 06:56 WIB
Turki Kembali Gelar Operasi "Pembersihan" Kurdi Di Suriah
Pasukan YPG/PKK Kurdi di Suriah/Net
rmol news logo Turki tengah bersiap untuk melancarkan rencana operasi militer guna "membersihkan" perbatasan timur laut dari milisi YPG/PKK Kurdi.

Rencana tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah acara di provinsi Hatay melalui tautan video pada Sabtu (3/10), seperti dilaporkan Sputnik.

"Ketika kami menghancurkan koridor teroris yang sedang dibangun di sepanjang perbatasan, kami menunjukkan bahwa saudara-saudara Suriah kami tidak sendirian," kata Erdogan.

"Zona teroris yang masih ada di Suriah harus dibersihkan seperti yang dijanjikan, atau kami akan datang dan melakukannya sendiri," tambahnya.

Erdogan menegaskan, langkah apapun yang dapat menyebabkan bencana kemanusiaan baru di Idlib, Suriah tidak dapat diterima oleh Turki.

Turki selama ini telah bekerja sama dengan kelompok oposisi Rusiah untuk melawan militan Kurdi.

Beberapa operasi militer yang telah dilancarkan oleh Turki di antaranya adalah operasi Cabang Zaitun di Afrin dan Perisai Efrat. Yang terbaru, Operasi Mata Air Perdamaian di barat laut Suriah, yang ditunda pada Oktober lalu.

Turki diketahui memandang YPG sebagai organisasi teroris yang terkait dengan pemberontak Kurdi di Turki tenggara. Kampanye militer yang dilakukan Turki di wilayah Suriah sendiri dilakukan awal Oktober tahun lalu setelah Amerika Serikat seolah membuka "pintu" dengan cara menarik pasukannya dari wilayah tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA