Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Hutan California Capai 1,6 Juta Hektar, 8.454 Bangunan Hangus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 05 Oktober 2020, 08:18 WIB
Kebakaran Hutan California Capai 1,6 Juta Hektar, 8.454 Bangunan Hangus
Kebakaran hutan di California pada Jumat, 2 Oktober 2020/Net
rmol news logo Kebakaran hutan di California telah menghanguskan lebih dari 1,6 juta hektar sejak awal tahun ini, lebih dari dua kali rekor sebelumnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Badan pemadam kebakaran negara bagian California atau Cal Fire pada Minggu (4/10) melaporkan, area yang hangus tersebut lebih luas dari Connecticut.

Dalam sebuah pernyataan, Cal Fire menyatakan sedikitnya 31 orang meninggal dunia dalam kebakaran tahun ini dengan lebih dari 8.454 rumah serta bangunan lain telah hancur.

Rekor luas kebakaran California sebelumnya hampir mencapai 2 juta hektar yang terjadi pada 2018. Ketika itu, sebanyak 85 orang meninggal dunia dengan hampir 19 ribu bangunan di dalam dan sekitar kota pegunungan Paradise hancur.

"Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan apa yang sedang terjadi dan apa yang terus terjadi," ujar jurubicara Cal Fire, Scott McLean, seperti dikutip Reuters.

"Ini menunjukkan betapa keringnya keadaan dan seberapa mudah menguapnya vegetasi," tambahnya.

Dalam sejarahnya, California yang merupakan negara bagian terpadat di Amerika Serikat (AS) telah mengalami lima dari enam kebakaran hutan terburuk dalam sejarah untuk tahun ini.

Insiden tersebut terjadi bertepatan dengan kondisi lebih kering yang menurut para ilmuwan iklim dipengaruhi atas pemanasan global.

California mengalami kekeringan berkepanjangan dari sekitar 2010 hingga 2017 yang menewaskan jutaan pohon. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA