Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muncul Di Depan Publik, Trump Sedang Memainkan Teater Politik Yang Pertaruhkan Nyawa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 05 Oktober 2020, 08:44 WIB
Muncul Di Depan Publik, Trump Sedang Memainkan Teater Politik Yang Pertaruhkan Nyawa
Penampakan Donald Trump dari SUV, di luar Rumah Sakit Militer tempatnya dirawat, Minggu sore (4/10)/Net
rmol news logo Banyak yang menilai kemunculan Presiden AS Donald Trump di luar rumah sakit adalah hal yang terlalu berisiko. Trump terlihat melambai kepada pendukungnya melalui jendela SUV dengan mengenakan masker. Hanya beberapa menit saja, tetapi penjuru dunia mengecam apa yang dilakukannya itu.

Beberapa pengamat menilai itu adalah cara Trump upaya unjuk kekuatan. Sebagian lagi mengatakan Trump tidak memahami keseriusan penyakit yang sangat menular dan mematikan.

Kemunculan Trump pada Minggu (4/10) sore waktu setempat itu juga membuat terkejut sejumlah pendukungnya yang tengah berkumpul di luar Rumah Sakit Militer Nasional Walter Reed.

Rekaman video menunjukkan Trump berada di kursi belakang kendaraan Dinas Rahasia jenis SUV hitam dan melambai ke kerumunan besar yang telah berkumpul sejak dia dirawat di rumah sakit.

Seorang dokter di Walter Reed dengan keras mengkritik gerakan Trump sebagai risiko bagi nyawa agen Secret Service yang menemaninya di dalam SUV.

"Setiap orang yang berada di dalam kendaraan selama 'drive-by' Presiden yang sama sekali tidak perlu itu, sekarang harus dikarantina selama 14 hari. Mereka mungkin jatuh sakit. Mereka mungkin mati. Untuk teater politik. Trump memerintahkannya, mempertaruhkan nyawa mereka. Drama! Ini adalah kegilaan," ujar dokter James Phillips dalam akun Twitternya, seperti dikutip dari CNN, Senin (5/10).

"SUV Kepresidenan itu tidak hanya antipeluru, tetapi tertutup rapat terhadap serangan kimiawi. Risiko penularan Covid-19 di dalam sangat tinggi karena di luar prosedur medis. Ketidaktanggungjawaban itu luar biasa. Pikiranku tertuju pada Secret Service yang dipaksa untuk bermain," ujar Phillips.

Trump memberi tahu para pendukung bahwa sesuatu yang tidak biasa akan terjadi, tepat sebelum iring-iringannya melakukan perjalanan lambat di sekitar jalan-jalan di luar rumah sakit.

"Saya juga berpikir kami akan memberi sedikit kejutan kepada beberapa patriot hebat yang kami miliki di jalan," kata Trump dalam pesan video yang diposting ke Twitter, seperti dikutip dari 9News, Senin (5/10).

"Mereka sudah lama berada di luar sana dan mereka memiliki bendera Trump dan mereka mencintai negara kita. Jadi aku tidak memberi tahu siapa pun kecuali kamu, tapi aku akan melakukan kunjungan mendadak," cuitnya di video.

Trump mengatakan dia telah 'belajar banyak' tentang Covid-19 sejak dia tertular virus.

"Ini merupakan perjalanan yang sangat menarik," kata Trump, dengan menambahkan waktunya di rumah sakit seperti "benar-benar pergi ke sekolah, ini adalah sekolah yang sebenarnya."

Presiden juga menggunakan pesan video tersebut untuk berterima kasih kepada para dokter dan perawat yang telah menjaganya. Dia mengatakan pengalaman itu membantunya 'memahami' virus corona.

"Saya mengerti dan saya memahaminya dan itu hal yang sangat menarik, dan saya akan memberi tahu Anda tentang itu," ungkap Trump.

Terlepas dari risiko yang ditimbulkan kepada orang lain di rumah sakit, pengemudi dan keamanan, juru bicara Gedung Putih Judd Deere mengatakan bahwa kemunculan itu telah melalui ijin dan disetujui tim medis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA