Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Curiga Ada Yang Disembunyikan, Para Ahli Bereaksi Terhadap Keterangan Dokter: Apakah Benar Trump Baik-baik Saja?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 05 Oktober 2020, 11:21 WIB
Curiga Ada Yang Disembunyikan, Para Ahli Bereaksi Terhadap Keterangan Dokter: Apakah Benar Trump Baik-baik Saja?
Tim Kesehatan Trump/Net
rmol news logo Dokter Krutika Kuppalli, ahli penyakit menular di Medical University of South Carolina, adalah salah satu yang mempertanyakan isi arahan tim medis kepresidenan yang sejauh ini selalu mengatakan keadaan Trump baik-baik saja.

Kuppalli adalah salah satu dari mereka yang mencoba mencari penjelasan akurat bagaimana Trump dapat dipulangkan dengan segera padahal sebelumnya Trump mengalami penurunan kadar oksigen dan menggunakan steroid, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (4/10).

Kuppalli membuat catatan, bahwa steroid dapat menyebabkan delirium atau kebingungan pada pasien. Dia mengatakan keheranannya mengapa tim dokter tidak bertanggung jawab.

"Sekedar rekap, #Trump telah menerima yang berikut ini (AFAIK) - REGN-COV2 - Remdesivir - Dekadron Ini tidak terdengar seperti orang yang diterima #WalterReedMedicalCenter sebagai "tindakan pencegahan". Ini adalah obat-obatan berat yang diberikan kepada orang yang kemungkinan besar sakit parah," tulis Kuppalli dalam cuitannya di Twitter.

"Satu hal yang perlu diingat semua orang, steroid menekan kemampuan tubuh untuk melakukan respons demam. Jadi sekarang @bayu_joo di Decadron mengatakan bahwa "dia tidak demam" benar-benar tidak memberi tahu kita apa pun. Kami perlu memahami bagaimana dia melakukannya secara klinis," ujar Kuppalli.

Dalam konferensi persnya, tim dokter kepresidenan memberikan keterangan yang membingungkan terkait kesehatan Trump sesungguhnya.

Pada konferensi pers Minggu (4/10), para dokter mengatakan bahwa pada Jumat dan Sabtu tingkat saturasi oksigen Trump telah dua kali turun di bawah 94 persen, kisaran biasanya 95 hingga 100 persen. Tetapi dalam menjawab pertanyaan tentang apakah level itu pernah turun di bawah 90 persen, dokter Gedung Putih, Sean Conley, mengatakan itu tidak pernah mencapai level 80-an

Namun, dalam upaya untuk menyajikan gambaran sebenarnya tentang keadaan kesehatan Trump akhir pekan ini, Conley telah menunjukkan sikap yang kurang mantap. Dua konferensi pers berturut-turut di depan tangga Rumah Sakit Walter Reed di Maryland telah menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban.

Beberapa orang bertanya-tanya apakah Trump sendiri yang mengendalikan informasi yang dia izinkan untuk dirilis oleh dokter paling seniornya.

Conley selalu mengucapkan, "Saya tidak ingin memberikan informasi apa pun yang mengarahkan perkembangan penyakit ini ke arah lain," saat menjelaskan keengganannya untuk mengatakan Trump telah menggunakan oksigen awal pekan ini.

Ketika dokter lainnya mengatakan Trump mungkin baik-baik saja untuk kembali ke Gedung Putih saat ini, semua dibuat tercengang. Ada spekulasi bahwa Trump sendiri yang mendorong pembebasan lebih awal, seperti dikutip dari The Guardian.

Conley dinobatkan sebagai pejabat dokter Gedung Putih pada Maret 2018 ketika pilihan pertama Trump, Dr Ronny Jackson, mundur. Dilatih sebagai ahli osteopati, Conley, yang juga seorang komandan angkatan laut AS, dikukuhkan sebagai pejabat tim kesehatan kepresidenan.

Dalam konferensi pers pertama hari Sabtu, beberapa jam setelah presiden diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter, Conley mengelak ketika ditanyai tentang detail medis kondisi Trump, seperti tingkat oksigen dan efek virus pada organ internalnya. Dia memilih untuk memberikan gambaran optimis tentang kesehatan Trump, menggunakan frasa yang tidak jelas termasuk "melakukannya dengan sangat baik" dan "tidak perlu khawatir".

Kecurigaan bahwa Conley hanya mengungkapkan apa yang dibolehkan presiden kepadanya dipicu oleh laporan bahwa Trump sangat marah dengan Mark Meadows, kepala stafnya, karena memberikan laporan yang kontradiktif dan lebih serius tentang kesehatannya kepada wartawan setelah pengarahan hari Sabtu.

"Pada dasarnya kami mencoba menyembunyikan sesuatu yang belum tentu benar," kata Conley pada hari Minggu.

Kapan Trump dapat meninggalkan Rumah sakit Walter Reed tentunya masih harus dipelajari, tetapi pernyataan Conley yang membingungkan dan bertentangan selama akhir pekan telah menimbulkan spekulasi bahwa hal ini terkait dengan politik bukan karena alasan medis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA