Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nicolas Maduro: Meski Trump Adalah Musuh Venezuela, Kami Ingin Dia Sembuh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 05 Oktober 2020, 11:58 WIB
Nicolas Maduro: Meski Trump Adalah Musuh Venezuela, Kami Ingin Dia Sembuh
Presiden Venezuela, Nicolas Maduro/Net
rmol news logo Hubungan yang buruk antara Amerika Serikat (AS) dan Venezuela tidak lantas membuat Presiden Nicolas Maduro enggan bersimpati dengan situasi yang dihadapi oleh Presiden Donald Trump.

Dalam sebuah briefing yang disiarkan di Twitter pada Minggu (4/10) waktu setempat, Maduro menyampaikan solidaritas kemanusiaan dan harapannya agar Trump diberikan kesembuhan dari Covid-19.

"Kami tidak ingin ada orang yang terinfeksi, kami menyatakan solidaritas kemanusiaan kami dengan Presiden AS, yang merupakan musuh Venezuela, tetapi kami ingin dia sembuh," kata Maduro.

Selama ini, AS telah berulang kali menjatuhkan sanksi kepada Venezuela untuk menjatuhkan pemerintahan Maduro.

Dimuat Sputnik, pada Januari 2019, Venezuela jatuh ke dalam krisis politik baru ketika ketua Majelis Nasional yang dikendalikan oposisi saat itu, Juan Guaido secara ilegal menyatakan dirinya sebagai presiden sementara dalam upaya untuk menggulingkan Maduro yang terpilih kembali dari kekuasaan.

AS dan sekutunya di Amerika Latin dengan cepat mendukung Guaido. Sementara Rusia, China, Turki, dan sejumlah negara lain hanya mengakui Maduro sebagai presiden sah Venezuela.

Selain Maduro, sejumlah pemimpin dunia yang memiliki hubungan tidak baik dengan Trump juga memberikan doa kesembuhan agar ia dan istrinya, Melania Trump segera pulih. Di antaranya adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden China Xi Jinping, hingga Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Trump mengumumkan diri telah terinfeksi Covid-19 bersama Melania pada Jumat dini hari (2/10). Sekitar 17 jam setelah pengumuman tersebut, Trump dibawa ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Maryland untuk mendapatkan perawatan.

Kondisi Trump saat ini masih memicu berbagai pertanyaan karena adanya perbedaan pernyataan, baik dari pihak Gedung Putih maupun tim dokter.

Sebelumnya, Trump berusaha untuk menepis rumor mengenai kesehatannya dengan mengunggah video. Ia mengatakan kondisinya jauh lebih baik dan akan segera keluar dari rumah sakit.

Tim dokter presiden juga mengatakan Trump mengalami kemajuan yang signifikan dan dapat keluar rumah sakit secepatnya pada Senin (5/10). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA