Farah.ID
Farah.ID

WHO: Satu Dari 10 Orang Terinfeksi Virus Corona

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 06 Oktober 2020, 06:17 WIB
WHO: Satu Dari 10 Orang Terinfeksi Virus Corona
Mike Ryan, pakar epidemiologi dan kedaruratan utama WHO/Net
Satu dari 10 orang telah terinfeksi virus corona, membuat krisis kesehatan semakin mengkhawatirkan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, saat ini dunia benar-benar sedang menuju masa sulit karena penyebaran virus corona yang kian meningkat.

Penyebaran yang terus meningkat itu membuat sebagian besar populasi dunia rentan terhadap Covid-19.

Mike Ryan, pakar epidemiologi  dan kedaruratan utama WHO, mengatakan wabah virus corona sedang melonjak di beberapa bagian Asia Tenggara. Kasus serta kematian meningkat di beberapa bagian Eropa dan wilayah Mediterania Timur.

“Sekitar 10 persen populasi global mungkin telah terinfeksi oleh virus corona, menurut perkiraan kami. Ini bervariasi tergantung negara, bervariasi dari perkotaan ke pedesaan, bervariasi tergantung pada kelompok," katanya, seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/10).

Ia menambahkan, semua dalam keadaan berisiko karena penyakit itu terus menyebar.

“Kita sekarang sedang menuju masa sulit. Penyakit itu terus menyebar," katanya.

WHO telah mengajukan daftar ahli untuk ambil bagian dalam misi internasional ke China untuk menyelidiki asal usul virus corona, untuk dipertimbangkan oleh otoritas Tiongkok.

Asisten sekretaris kesehatan AS Brett Giroir mengatakan bahwa 194 negara anggota WHO harus menerima “pembaruan rutin dan tepat waktu, termasuk kerangka acuan untuk panel ini atau untuk misi lapangan apa pun, sehingga kita semua dapat terlibat dengan proses dan yakin dalam hasilnya.”

EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA